Home / Seruyan

Jumat, 31 Agustus 2018 - 21:39 WIB

DKPP Serahkan 26 Unit Bantuan Alsintan ke Poktan Seruyan

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan menyerahkan secara resmi bantuan 26 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada para kelompok tani binaan yang berada di sejumlah desa di Kabupaten Seruyan.

“Ada 26 unit mesin pertanian padi yang kita serahkan, hal ini dalam rangka untuk mewujudkan program Seruyan Hilir sebagai Lumbung Padi Kabupaten Seruyan,” kata Kepala DKPP Kabupaten Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang Jumat (31/8/2018).

Selain bantuan, lanjut dia, telah tersedia pula brigade alsintan berjumlah 58 traktor yang siap untuk dipinjamkan kepada para petani yang belum mendapatkan kesempatan untuk menerima bantuan ini.

Baca Juga :  KPU Seruyan Imbau Paslon Segera Buat Rekening

“Kita juga ada 58 traktor yang siap untuk dipinjamkan kepada petani-petani melalui kelompok tani masing-masing, nanti langsung saja datang ke kantor BP3K sini dan melaporkan berapa orang yang memerlukan serta jumlah luas hektar lahannya,”ujarnya.

Dijelaskannya, tidak ada persyaratan khusus untuk bisa meminjam Brigade traktor, hanya saja karena Brigade ini milik Negara, jadi akan dikenakan biaya perbaikan dan pemeliharaan per unit.

“Karena ini milik negara, jadi akan dikenakan biaya pemeliharaan Rp200.000 per unit untuk per 5 hektarnya dan akan langsung dimasukkan ke rekening BP3K,”terangnya.

Baca Juga :  Polisi Olah TKP di Lokasi Kebakaran

Sementara itu, untuk operator operasional penerima bantuan ini akan diserahkan sepenuhnya kepada para kelompok tani yang menerima, tetapi jika ada yang mengalami kesulitan bisa langsung berkoordinasi dengan BP3K.

Adapun untuk bantuan hibah ini hampir sepenuhnya bersumber dari APBN, hanya 7 unit mesin pengolahan hasil hortikultura yang bersumber dari APBD.

Ia berharap, dengan adanya bantuan hibah ini dapat mempermudah para petani dalam bertanam padi, serta mampu meningkatkan kesejahteraan dan hasil panen para petani yang ada di Kabupaten Seruyan. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Bupati Serahkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas

Seruyan

Terkendala Cuaca, Nelayan Seruyan Enggan Melaut

Seruyan

Kejari Seruyan Berangkatkan 18 Rombongan Operasi Katarak

Seruyan

Kakek Bejat Cabuli Anak Gadis Berusia 8 Tahun

Seruyan

Ketua DPD Golkar Kalteng Sayangkan Pernyataan Kontroversi Darwan Ali di Video

Seruyan

Hilang Kendali, Bus Yessoe Terguling, Enam Penumpang Menderita Luka

Seruyan

Harga Cabai di Kuala Pembuang Tembus Rp 90 Ribu per Kg

Seruyan

Peningkatan RSUD Hanau Terkendala Dana dan SDM