Pemprov Kalteng Bakal Bangun Taman Religius di Kereng Pangi

KASONGAN, KaltengEkspres.com Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng rencanaknya dalam waktu dekat ini bakal membangun taman religius di Kota Kereng Pangi Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Hal ini diungkapkan Pjs Bupati Katingan Suhaemi, Selasa (19/6/2018).

Menurut Suhaemi, rencana pembangunan Taman Religius tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kepada dirinya saat berkunjung ke Kereng Pangi, sekaligus melakukan sholat di Masjid Al Muhajirin beberapa waktu lalu.

“Saat melakukan peninjauan itulah, Gubernur mengungkapkan, bahwa taman religius itu nanti dibangun di sekitar Masjid Al Muhajirin. Karena di sekitar masjid tersebut berdiri bangunan sekolah dasar (SD), sehingga harus dipindahkan ke kawasan lain,”ujar Suhaemi kepada sejumlah awak media.

Ia menjelaskan, untuk memindahkan sekolah tersebut, pihaknya sudah melakukan rapat bersama kepala desa, dan BPD serta para tokoh masyarakat setempat. 

“Berdasarkan hasil rapat, sekolah disepakati  akan dipindah ke kawasan lain, yang jaraknya sekitar 500 meter dari lokasi yang ada. Sedangkan lahannya merupakan lahan yang dihibahkan oleh pengurus Masjid Al Muhajirin dengan luasan sekitar 1,8 hektar,”jelasnya.

Ia menerangkan, biaya bangunan taman religius dan bangunan sekolah tersebut sebagai pengganti bangunan lama akan dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provensi Kalteng atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara  (APBN).

“Rencana pemindahan sekolah tersebut sudah dibicarakan sekarang, namun realisasinya akan dilakukan setelah bangunan pengganti/barunya rampung dan siap untuk ditempati. Setelah itu siswa bisa menempati bangunan baru, kemudian bangunan yang ada di sekitar masjid itu dibongkar dan diganti dengan kawasan hijau atau kawasan taman religius dimaksud,”ujarnya.

Yang jelas tambah dia, posisi bangunan taman religius nanti berada di dekat Masjid Baitul Yaqin, atau tepatnya berdekatan dengan Jembatan Sei Katingan Jalan Tjilik Riwut KM 1 Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. 

“Saya berharap kepada masyarakat Kereng Pangi Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hlir agar mendukung niat dan rencana pembangunan taman ini,”tandasnya. (ejk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here