Home / Daerah

Selasa, 26 Juni 2018 - 18:42 WIB

Kembali Bertugas, Sakariyas Langsung Melantik Dua Pj Kades

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Usai cuti kampanye,sejak Minggu (24/6), Sakariyas kembali menjalan tugasnya sebagai Bupati Katingan. Saat masuk bekerja, ia langsung melantik dua orang Pejabat (Pj) Kepala Desa (Kades) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Katingan, Senin (25/6/2018) malam. Dua Pj Kades tersebut yakni Sulin sebagai Pj Kepala Desa Tumbang Kaburai, dan Rawei menjadi Pj Kepala Desa Tumbang Dahuei Kecamatan Bukit Raya.

Sakariyas mengatakan, pengangkatan Pj Kades sebagai tindaklanjut atas berakhirnya masa bakti KedesTumbang Dahuei Suhardie dan Kades Tumbang Kaburai, Ari Irawan.

Baca Juga :  282 Pendaftar P3K Seruyan Lolos Seleksi Administrasi

“Perlu kita ketahui bahwa kepala desa dapat berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri dan diberhentikan,”ujarnya saat membacakan sambutannya.




Sementara untuk masa jabatan Kades Tumbang Kaburai dan Tumbang Dahuei ini lanjut dia, telah berakhir masa baktinya, sehingga harus segera diangkat penjabat kepala desa.

Hal tersebut menurut dia, untuk menyikapi agar tidak terjadi kekosongan pimpinan di desa tersebut dan proses pengangkatan penjabat kepala desa sudah sesuai undang-undang yang berlaku. Adapun masa jabatan dua Pj Kades itu, bakal berakhir di tahun 2019 atau bersamaan dengan pelantikan kepala desa terpilih hasil pilkades serentak.

Baca Juga :  Baznas Sudah Salurkan Zakat Kepada Penerima

“Masa jabatan Pj Kades paling lama satu tahun setelah dilantik. Akan berakhir dengan sendirinya apabila kepala desa definitif telah dilantik,”ungkap Sakariyas.

Perlu diketahui juga, bahwa untuk masa jabatan Bupati Katingan sendiri berakhir pada 24 Juli 2018 mendatang. Selama menunggu masa tersebut, Bupati yang aktif saat ini memiliki wewenang dalam melaksanakan tugas sebagai kepala daerah. (ejk)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Antisipasi Pungli di Desa, Babinkamtibmas Gelar Sosialisasi

Kobar

Jual Sabu, Dua Sopir Truk PT BJAP Diringkus Polisi

Kobar

Meresahkan! Perang Sarung Kelompok Remaja Dibubarkan

Kotim

Tragis, Karyawan Panen Tewas Terseret Arus Deras Banjir

Katingan

Diduga Money Politik, 12 Caleg dan Timses di Katingan Dibidik Polisi

Kotim

Ajari Buat Salad Buah, Ibu Persit Ingin Warga Konsumsi Makanan yang Sehat 

Kobar

Tiga Raperda Baru Disahkan

Kobar

Rumah Kosong di Kelurahan Sidorejo Berkobar