Home / Kotim

Selasa, 5 Juni 2018 - 16:35 WIB

Duh..Belum Sepakat RAPBDes, Kisruh Desa Batuah Sampai Ditangani Pemkab Kotim

SAMPIT, KaltengEkspres.com Miris..disaat semua desa mengejar pembangunan agar menjadi lebih maju. Di Desa Batuah Kecamatan Seranau justru terjadi kisruh antara Kepala Desa (Kades) dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) nya. Kisruh ini disebabkan belum ada kesepakatan dalam penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes).
Akibat kejadian ini, pencairan dana desa (DD) tahap pertama terganjal. Sehingga pihak aparatur desa tidak bisa melaksanakan program pembangunan desa. Guna membantu menyelesaikan masalah ini, Pemkab Kotim melalui Sekretaris Deaerah (Sekda) Kotim Halikinnor  terpaksa turun tangan ke desa setempat untuk memediasi kedua belah pihak. Supaya permasalahan bisa diselesaikan secara baik-baik. 

Baca Juga :  Waduh! Lepas Kendali, Dua Truk di Sampit Seruduk Pembatas Jalan
“Kita sudah mengadakan pertemuan yang di hadiri elemen masyarakat, aparat desa, tokoh pemuda, BPD, dan RT/RW di Balai Desa Batuah. Saya minta masalah ini harus segera diselesaikan. Supaya RAPBDes yang disusun pihak desa harus segera disampaikan kepada BPD agar disepakati. Sehingga DD tahap pertama ini bisa segera dicairkan.Paling lambat Jumat, RAPBDes harus sudah clear,”ungkap Halikinnor kepada sejumlah wak media Selasa (5/6).

Halikin menegaskan, apabila permasalahan ini tidak kunjung diselesaikan, maka DD tahap pertama tidak dapat disalurkan. Sehingga desa tersebut bisa mendapat sanksi dimana pencairan DD berikutnya pun tidak akan di cairkan lagi. (MR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Polres Kotim Bongkar Pabrik Miras, Dua Pelaku Penyulingan Ditangkap

Kotim

Polsek Kota Besi Ringkus Dua Pelaku Pencurian

Kotim

Remaja Pengedar 16 Paket Sabu Dibekuk Polisi

Daerah

Sikat Narkoba Bakal Gelar Talk Show Anti Narkoba

Kotim

Busett!! Bobol Gedung Walet Warga Basirih, Pria Asal Kobar Ini Dibekuk Polisi

Kotim

Warga Turut Sukseskan Rehab Musala Desa Bapinang 

Kotim

Perbaikan Jembatan Handil Gayam Sudah Tahap Pembuatan Pagar

DPRD Provinsi Kalteng

Rombongan Anggota DPRD Kalteng Dapil II Reses di Desa Terpencil di Kotim