Atasi BABS, Pemdes Sungai Undang Bakal Bangun 300 WC Untuk Warga Desa

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Undang tahun ini rencananya akan melaksanakan program pembangunan 300 toilet (wc) untuk 300 rumah warga. Pembangunan ini sebagai upaya mengatasi masalah warga yang masih melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BABS). 

Mengingat saat ini masih banyaknya warga yang tinggal dipinggiran sungai di daerah setempat yang melakukan hal tersebut, sehingga memerlukan waktu dan tenaga yang ekstra keras.

Kepala Desa Sungai Undang Tri Arisusilo mengatakan, untuk tahun ini akan ada 300 toilet dibangunkan dirumah-rumah warga. Saat ini kata dia, sedang mempersiapkan bahan bakunya agar nantinya bisa disalurkan kepada mereka yang masih melakukan BABS.

Beberapa sudah dibangun dan digunakan oleh warga, namun masih banyak yang belum diberikan, karena menunggu bahan bakunya.

“Intinya kami akan bangun 300 toilet selama satu tahun untum warga Desa Sungai Undang.  Kami yakin apa yang dicita-citakan dapat terwujud nantinya, “ungkapnya saat di temui di Kantor Desa Sungai Undang, Selasa (29/5/2018).

Ia menjelaskan, untuk pembangunan 300 toilet ini akan ditargetkan tuntas pada akhir tahun 2018 dan dibiayai oleh dana desa.

“Untuk bangunan kita cukup buat hingga closednya terpasang, sedangkan untuk dindingnya kita akan serahkan kepada warga agar ada rasa memili,”ujarnya. 

Ia menambahkan, sebelumnya pihak desa sudah melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan buang air besar sembarangan khususnya di sungai.  Namun karena sudah menjadi kebiasaan memang agak sulit.  Tetapi perlahan -lahan memberikan pemahaman agar mereka dapat mengerti dan memahami.  

“Memang tidaklah mudah, tetapi harus kami lakukan agar nantinya pada 2018 sudah tidak ada lagi yang BABS.  Kami butuh dukungan semua pihak untuk mewujudkannya, “tandasnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here