Home / Seruyan

Minggu, 29 April 2018 - 19:14 WIB

Kabupaten Seruyan Raih Sertifikat Eleminasi Malaria

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com –
Kabupaten Seruyan menorehkan prestasi membanggakan dibidang kesehatan, yakni dengan meraih sertifikat eleminasi malaria dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, pada Peringatan Hari Malaria Sedunia 2018 dan Peringatan Pekan Imunisasi Dunia Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Desa Mandalasari Kecamatan Kaduh Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Minggu (29/4/2018).

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Prof  Dr dr. Nila Farid Moeloek kepada Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Seruyan Leonard S Ampung. Pada penyerahan sertifikat eliminasi malaria ini, Seruyan satu-satu nya dari Propinsi Kalteng yang mendapatkan sertifikat tersebut dan masuk dijajaran ke 21 kabupaten/kota se-Indonesia, yang berhasil dalam penanganan masalah malaria dan berhak menerima sertifikat eliminasi malaria.

Baca Juga :  Pembangunan Pos Koramil Diharapkan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Pjs Bupati Seruyan Leonard S Ampung mengatakan, keberhasilan Seruyan meraih sertifikat eliminasi malaria ini, bentuk komitmen pemerintah daerah dan peran aktif seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan Indonesia bebas malaria, dan ini tidak lepas dari  peran aktif  seluruh komponen masyarakat  secara bersama sama mencegah penularan penyakit malaria.

Menurut Leonard, Penghargaan yang diraih Kabupaten Seruyan ini, akan menjadi motivasi bagi jajaran pemerintah daerah, untuk terus bekerja keras dalam usaha meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat di Kabupaten Seruyan.

“Yang terpenting lagi,seluruh  jajaran dinas kesehatan hingga puskesmas dan jejeringnya harus terus bekerja keras melaksanakan sosialisasi dan berperan aktif membantu masyarakat  untuk sadar akan pola hidup  bersih dan sehat serta menjaga,memelihara lingkungan sehat,”ujarnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Seruyan Berencana Tinjau Persiapan MTQ

Sementara itu Kadis Kesehatan Seruyan Mahdiniansyah mengatakan,dalam usaha meraih sertifikat eliminasi Malaria,dimulai dengan survei darah malaria,kemudian tatalaksana penanganan malaria yang benar sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan,upaya upaya penyuluhan kepada seluruh masyarakat yang dilakukan secara rutin dan kontinue,pembagian kelambu anti malaria yang dilakukan  khususnya pada wilayah wilayah yang terdapat kasus malaria.

“Sertifikat ini di berikan karna Kabupaten Seruyan dalam tiga tahun berturut turut tidak ada lagi kasus malaria dan ini,dinilai langsung oleh tim dari Dinas Kesehatan provinsi Kaleng dan tim dari Kementrian Kesehatan,”ungkapnya. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Pemkab Seruyan Targetkan PAD 2019 Sebesar Rp 124 Miliar

Seruyan

Dewan Dorong Pemkab Bangun Saluran Irigrasi Pertanian

Seruyan

Maju di Pilkada, Bupati Seruyan Kembalikan Fasilitas Negara

Seruyan

Bupati Seruyan Resmikan Sirkuit Kalingkala

Seruyan

Ratusan Rumah Warga Tenggelam, Seruyan Tetapkan Status Darurat Banjir 

Seruyan

Pjs Bupati Seruyan Lantik Enam Pejabat Kades

Seruyan

Demi Memutus Rantai Covid-19, Kejari Seruyan Gelar Rapid Test

Seruyan

Menurut Polisi, Ini Penyebab Guru Aniaya Murid di Telaga Pulang
error: Content is protected !!