Home / Kotim

Sabtu, 3 Maret 2018 - 22:10 WIB

Pondok Damar Memanas, Perusahaan dan Warga Nyaris Bentrok

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Desa Pondok Damar Kecamatan Mentaya Hilir Utara Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sempat geger. Kejadian ini dipicu karena adanya kedatangan sejumlah petugas keamanan perusahaan PT Mustika Sembuluh yang disebut-disebut telah melakukan penyerangan.
Nyaris saja bentok pecah, namun beruntung cepat dileraikan. Hanya saja akibat kejadian ini membuat salah satu kaca rumah warga pecah, dan patung sepundu yang berada di depan rumah roboh.

Kapolsek Sungai Sampit Ipda Fandi saat di konfirmasi Sabtu (3/3/2018), membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut dia, kejadian ini sudah lama sekitar tanggal 3 Februari 2018 lalu, hanya lantaran baru terekspos maka perlu diluruskan, bahwa itu disebabkan  karena kesalah pahaman antara warga dan pihak perusahaan.

Sebenarnya pihak perusahaan pada saat itu datang ke desa setempat bukan untuk melakukan penyerangan melainkan hendak mengamankan warga yang melakukan pencurian buah kelapa sawit milik perusahaan.

Baca Juga :  Ruko dan Barak di Parenggean Diamuk Jago Merah
Namun warga yang hendak diamankan ini, tidak terima dituduh pencuri. Sehingga saat itu terjadi penolakan untuk diamankan. Yang akibatnya terjadi kericuhan antara warga setempat dengan petugas keamanan dari pihak perusahaan.

“Warga yang tidak terima dituding mencuri ini akhirnya nyaris bentrok, dan melakukan pengrusakan terhadap mobil perusahaan. Sedangkan rumah warga kaca depannya pecah yang berada disekitaran rumahnya,”ungkap Kapolsek.

Fandi menjelaskan, bahwa isu rumah adat yang dirusak itu tidak benar. Melainkan hanya patung Sapundu dan rumah warga yang di tuduh mencuri buah tersebut kaca depan rumahnya pecah.

“Kita juga bingung sebenarnya kejadiannya masuk wilayah hukum Polsek Kota Besi karena di peta itu masuk Kecamatan Telawang. Namun secara administrasi mereka mengurus di Desa Podok Damar,”papar Fandi. (MR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Pengedar Sabu Tepi Sungai Mentaya Diringkus Polisi

Kotim

Warga Jaya Kelapa Terciduk Saat Asyik Mencuri Sarang Burung Walet

Kotim

Ratusan Warga Aliansi Muslim Kotim Gelar Orasi Bela Palestina

Kotim

Ribuan Penumpang Arus Balik Tiba di Pelabuhan Sampit

Kotim

Pekerjaan Dikebut, Kesehatan dan Keselamatan Tetap yang Utama

Kotim

Tiga Pelaku Pengeroyok Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara

Kotim

Diserang Buaya, Warga Basirih Hilir Menderita Tujuh Luka Gigitan

Kotim

Dua Pengedar Sabu Kotim Diringkus Polisi
error: Content is protected !!