Home / Kobar

Minggu, 25 Februari 2018 - 19:09 WIB

Merusak Kebun Warga, BKSDA Pangkalan Bun Evakuasi Orangutan Berbobot 80 Kg

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Kalteng SKW II Pangkalan Bun mengevakuasi orangutan berbobot 80 kilogram (Kg). Oragutan ini dievakuasi dengan cara dibius karena sebelumnya merusak kebun buah pisang, dan jeruk serta tebu milik warga Desa Sungai Raja Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara.

Tim Rescue BKSDA Pangkalan Bun saat mengevakuasi orang utan ke mobil.

Kepala BKSDA Kalteng SKW II Pangkalan Bun Agung Widodo mengatakan, evakuasi terhadap orangutan ini berawal ketika pihaknya menerima informasi melalui via telpon dari warga setempat Jumat (23/2/2018) lalu dari salah seorang warga setempat bernama Krisno. Menindaklanjuti informasi ini, dua orang anggota yakni staf KPHK Lamandau diterjunkan untuk melakukan pengecekan.

“Setelah dicek dan benar adanya orangutan di lokasi setempat. Kami lalu menerjunkan anggota Rescue BKSDA SKW II Pangkalan Bun pada Sabtu (24/2/2018) untuk melakukan evakuasi terhadap binatang ini,”ujar Agung Widodo kepada Kalteng Ekspres.com Sabtu (25/2/2018).

Saat Tim Rescue BKSDA berada di lokasi, lanjut dia, orangutan tersebut langsung dilumpuhkan dengan cara ditembak bius. Setelah itu lalu dievakuasi ke dalam mobil dan dibawa ke Pangkalan Bun.

“Saat ini binatang tersebut sudah berada di BKSDA SKW II Pangkalan Bun, dengan bobot mencapai 80 Kg. Rencananya, nanti akan dilepasliarkan di Hutan SM Lamandau,”papar Agung. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Siaga Virus Corona, Pemkab Kobar Terbitkan Surat Edaran

Kobar

4 Rumah Warga Kobar Diamuk Jago Merah

Kobar

Kobar Mulai di Kepung Api, Dalam Sehari Tiga Lokasi Lahan Terbakar

Kobar

Evakuasi Molor, Kedatangan KM Kirana ke Kumai Dipastikan Terlambat

Kobar

Diterpa Angin, Pohon di Depan Kantor DPRD Kobar Tumbang

Kobar

Ngaku Pengurus Masjid, Oknum Warga Embat Kotak Amal di Minimarket

Kobar

Anggota Satpol PP Kobar Dibegal Seusai Pulang Piket Malam

Kobar

Satpol PP Kobar Tertibkan Baleho dan Spanduk Tak Berizin
error: Content is protected !!