Wow! Buaya Senyulong Tangkapan Warga Seruyan Berbobot 1 Ton

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Penangkapan buaya besar Senyulong  atau dikenal buaya Sapit di Sungai Arut, Selasa (9/1/2018) lalu, ternyata dilakukan oleh warga Desa  Batu Agung Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan Provinsi Kalteng.

Buaya betina dengan berat 1 ton panjang 5-6 meter ini, diperkirakan berusia 10 tahun. Reptil ini kini telah dievakuasi petugas Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Kalteng SKW II Pangkalan Bun ke Kantor BKSDA Jalan HM Rafii Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan, Rabu (10/1/2018).

“Buaya ini ditangkap warga di Sungai Mengkahing anak dari Sungai Arut.Itu kita ketahui setelah menurunkan tim BKSDA dari Pangkalan Bun menuju lokasi penangkapan Selasa (9/1/2018), untuk proses evakuasi sekitar  pukul 16.00 WIB,” ujar Kepala Seksi BKSDA Kalteng SKW II Pangkalan Bun Agung Widodo, Rabu (10/1/2018).

Setelah itu lanjut Agung, buaya raksasa ini diangkut menggunakan mobil pikap dan tiba di Kantor BKSDA sekitar pukul 04.00 WIB. “Setibanya di kantor BKSDA buaya tersebut akan dilakukan pengecekan kesehatan karena dengan ukuran seperti raksasa, buaya ini cukup langka dengan beratnya mencapai 1ton yang biasanya hanya seberat 500 kilogram saja,”papar Agung.

Dijelaskan Agung, buaya yang ditangkap warga ini berjenis berkelamin betina. Saat ini tim dokter masih melakukan pengecekan secara menyeluruh supaya mengetahui kondisinya.

“Saat ini kondisinya masih sehat saja, tapi kita belum cek secara menyeluruh. Rencananya akan kita rehabilitasi dulu di kolam besar, baru setelah dianggap sehat dan baik akan kita lepasliarkan ke Sungai Suaka Margasatwa Lamandau,”tandas Agung. (dre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here