Angin Puting Beliung Porak Porandakan 2 Rumah dan 1 Sekolah di Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.comAngin puting beliung melanda Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Senin (29/1/2018). Kejadian ini membuat dua rumah warga terbuat dari kayu yang terletak di RT 1 Gang Buntal Kelurahan Baru dan Jalan Mak Jambek RT 2 Kelurahan Raja Seberang  serta satu SMP Negeri 4 Mendawai porak poranda.

Jamhuri warga Kelurahan Baru yang rumahnya mengalami kerusakan parah mengatakan, kejadian tersebut begitu cepat. Saat itu angin kencang puting beliung datang kemudian langsung melanda rumahnya, sehingga menilmbulkan kerusakan sangat parah.

“Atap rumah saya hilang beterbangan diterpa angin puting beliung saat kejadian itu,”ungkapnya kepada Kalteng Ekspres.com Selasa (30/1/2018).

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Hermon F Lion melalui Kasi Penanggulangan Bencana Fahrul mengatakan, kejadian tersebut telah ditangani pihaknya, dengan melakukan pendataan terkait jumlah rumah yang terkena musibah. Dari hasil data yang dihimpun pihaknya, terdapat dua rumah yang rusak parah kemudian satu sekolah.

“Untuk dua rumah yang rusak itu, BPBD Kobar akan memberikan bantuan kepada para korbannya. Sementara satu sekolah yang rusak segera akan kita koordinasikan dengan dinas terkait,”ujar Fahrul Selasa (30/1/2018).

Senada juga disampaikan Marogi. Kasi Logistik BPBD Kobar mengatakan, selain dua rumah, juga terdapat dua rumah lainnya yang terkena angin puting beliung di daerah setempat. Hanya mengalami kerusakan ringan lantaran bagian atapnya saja yang lepas.

“Untuk sementara pihak BNPB hanya mendata dulu siapa saja yang rumahnya rusak akibat bencana puting beliung, adapun jenis bantuan untuk sementara hanya terpal, selimut, dan tas sekolah,” ungkapnya. (dre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here