Jaga Kamtibmas, Polres Seruyan Gandeng Ormas

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kabupaten Seruyan selama Natal dan Tahun Baru 2018, Polisi Resor (Polres)
Seruyan menggandeng sejumlah organisasi masyarakat (ormas) terutama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

“Organisasi masyarakat yang dilibatkan dalam pengamanan perayaan Natal di sejumlah gereja seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB),” kata Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu’min Wijaya di Kuala Pembuang seusai sidak pengamanan di gereja, Minggu (24/12/2017) malam.

Kapolres mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan sejumlah organisasi keagamaan untuk mendorong terwujudnya toleransi serta hubungan yang harmonis antarsesama umat beragama di “Bumi Gawi Hatantiring”.

“Kita ingin umat beragama saling menjaga toleransi sehingga terwujud persatuan dan kesatuan masyarakat,”ujarnya.

Menurut Kapolres, khusus untuk pengamanan Natal, Polres Seruyan telah mengerahkan 100 personel yang disebar di sejumlah gereja seperti Gereja Imanuel dan Gereja Philadelphia Kuala Pembuang.Kemudian, dalam Operasi Lilin Telabang yang berlangsung selama sepuluh 10 hari, mulai 23 Desember 2017 – 1 Januari 2018, Polres Seruyan telah mendirikan empat pos pengamanan dan pelayanan, yakni di Lapangan Gagah Lurus Kuala Pembuang, dan di Objek Wisata Sungai Bakau Kecamatan Seruyan Hilir Timur, dan di Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya serta di Desa Pembuang Hulu Kecamatan Hanau.

Selain itu, personel yang terlibat juga akan disebar ke sejumlah objek vital yang akan menjadi fokus pengamanan, seperti bank, pasar, pertokoan serta tempat-tempat yang bakal menjadi pusat keramaian warga, khususnya objek wisata.

“Apa yang kita lakukan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan lancar,”papar Nandang Mu’min. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here