Home / Seruyan

Kamis, 9 November 2017 - 15:38 WIB

Polres Seruyan Selidiki Temuan Kayu di DAS Seruyan

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com – Temuan ribuan kayu jabon diduga bercampur meranti ditambat sekitar daerah aliran sungai (DAS) Seruyan tepatnya di Desa Pematang Limau, yang dilaporkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lira Kalteng ke pihak terkait baru-baru ini, telah disikapi oleh Polisi Resor (Polres) Seruyan, dengan melakukan penyelidikan di lapangan. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu’min Wijaya kepada Kalteng Ekspres.com Kamis (9/11/2017).

Kapolres mengatakan, pihaknya sudah mengetahui keberadaan kayu tersebut. Belum lama ini kata dia, atau tepatnya Sabtu (4/11/2017) lalu, anggotanya sudah turun kelokasi bersama Satgas Wanalaga untuk meninjau keberadaan kayu tersebut.

“Temuan kayu ini awalnya kita peroleh dari informasi masyarakat. Yang menyebut ada kayu diangkut oleh Kapal Citra Perdana, saat dia sedang loading. Laporan warga ini kita sikapi dengan melakukan pengecekan kelokasi akhir pekan lalu,” ujar Kapolres.

Baca Juga :  Pemkab Katingan Sumbang 12 Ekor Sapi Kurban ke Empat Kecamatan

Kapolres menjelaskan, saat melakukan pengecekan pihaknya memeriksa muatan dari kecocokan jumlah kayu dengan dokumen, serta keabsahan dokumen. Disamping itu juga meminta keterangan dari awak kapal.




“Untuk bisa menentukan ini tindak pidana atau bukan, perlu dilakukan penyelidikan dan pengumpulan alat bukti salah satunya pemeriksaan saksi. Karena cek dokumen  yang pasti itu keterangan dari ahli,”papar Nandang Mu’min.

Menurut dia, keterangan  ahli dari dinas terkait sangat penting untuk bisa menentukan keabsahan dokumen,kemudian  jenis kayu yang diangkut maupun jumlahya apakah sesuai dengan dokumen yang di bawa. Karena sementara ini lanjut dia, informasinya kayu yang diangkut berjumlah 819 batang dengan panjang 2 meter berasal Kecamatan Hanau dan akan dibawa ke luar Kalimantan.

Baca Juga :  Duhh... Balita Korban Speedboat Tenggelam Belum Ditemukan

“Saat ini kita masih mengambil keterangan untuk mencari kebenarannya, sedangkan untuk jumlahya kita tidak dapat menentukan karena ada ahli yang akan menelitinya,” jelas Nandang Mu’min.

Ia menambahkan bahwa, untuk informasi lainnya pihaknya masih mendalami dan terus melakukan penyelidikan.”saat ini Kayu beserta kapal dan awaknya masih di lokasi dan akan terus kita mintai keterangan,”tandasnya. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Pemkab Apresiasi TMMD di Seruyan

Seruyan

Perampok Bersenjata Api Replika Dibekuk Polisi

Seruyan

Geger..Warga Seruyan Melahirkan di Tepi Jalan

Seruyan

DPRD Seruyan Dukung Pemkab Wujudkan KLA

Seruyan

Diserang Penyakit, 644 Ha Kebun Pisang Seruyan Bakal Diremajakan

Seruyan

Pembangunan Pos Koramil Diharapkan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Seruyan

Yulhaidir Pimpin Perbakin Seruyan

Seruyan

TPID Seruyan Diberi Pelatihan Perencanaan Pembangunan Desa