Pemkab Kotim Wacanakan Penggarapan Ritual Simah Laut Lebih Kolosal

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Pariwisata mewacanakan ritual simah laut ke depannya digarap lebih kolosal.Hal itu bertujuan agar tradisi masyarakat Pantai Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit tersebut, bisa menyedot jumlah wisatawan yang datang.Wacana ini disampaikan langsung oleh Bupati Kotim H Supian Hadi, saat digelarnya acara simah laut, Minggu (26/11/2017) lalu.

Bupati perpesan agar agenda tersebut ke depannya dilakukan inovasi dengan kreatifitas yang lebih besar lagi, supaya menjadi sajian yang lebih menarik bagi wisatawan. “Saya pernah melihat di daerah Kalimantan Selatan ritual adat yang menjadi agenda wisata bisa dilakukan seminggu penuh rangkaiannya. Ini menjadi pertimbangan kita ke depan,” katanya.

Menutut Supian Hadi, dalam satu minggu tersebut bisa digelar beragam acara seperti lomba-lomba dan pertunjukan seni budaya, sehingga mereka yang menikmatinya tidak bosan. “Sebelum ritual dilaksanakan mestinya dilakukan penyebaran promosi dulu hingga ke daerah lain. Sehingga menarik wisatawan luar yang ingin melihat agenda wisata tersebut,”ujar Supian Hadi.

Camat Teluk Sampit, Samsurizal mengatakan, keinginan masyarakat desa setempat agat agenda simah laut yang bermakna membersihkan laut dari unsur negatif tersebut diserahkan pengelolaannya kepada pihak desa.

“Masyarakat desa lebih mengetahui secara mendalam bagaimana pelaksanaan ritual tersebut, saya rasa mereka lebih bagus jika dipercaya pemerintah,”ungkapnya Samsurizal. (FR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here