Home / Seruyan

Senin, 13 November 2017 - 19:38 WIB

LKPP Sosialisasi Aturan Hukum Dalam Pengadaan Barang dan Jasa

KUALA PEMBUANG,Kaltengekspres.com –
Pemerintah Daerah (Pemda) Seruyan bersama LKPP, menggelar sosialisasi Perpres No 54 tahun 2010 beserta perubahan tentang pengadaan barang /jasa pemerintah dan penanganan permasalahan hukum pengadilan yang bertempat di Aula Dinas Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah, Senin (13/11/2017).
Sekda Kabupaten Seruyan Haryono mengatakan, tujuan pemerintah daerah mengadakan sosialisasi ini bukan hanya untuk sekedar sosialisasi biasa. Akan tetapi untuk memberikan pemahaman mengenai bidang pengadaan barang/jasa dari narasumber LKPP yang telah banyak menemui dan menangani permasalahan baik dari sisi perencanaan maupun pengadaan.

Sedangkan, Kasubid Penanganan Permesalahan Kontrak, Deputi Hukum dan Penyelesaaan Sanggah LKPP Mudjisantosa  menjelaskan, Permasalahan hukum pada pengadaan barang/jasa tidaklah muncul secara tiba-tiba melainkan karena ada penyebabnya.

Baca Juga :  Bupati Resmikan Bendungan di Desa Berambai Makmur
“Seperti permasalahan hukum pada pengadaan barang/jasa¬† bisa berasal dari proses perencanaan anggaran, proses pemilihan (lelang), pelaksanaan kontrak, serah terima pekerjaan maupun pemanfaatan barang/jasa,Untuk menyelesaikan permasalahan hukum pengadaan barang/jasa dan menghindari terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan kontrak, dibutuhkan pemahaman,”ujarnya.

Kemudian pelelangan 2018 dilakukan sekarang di 2017 lanjut dia, maka dicantumkan didokumen pengadaan. Bilamana anggaran tidak tersedia atau berkurang nilai paket ini maka pelelangan menjadi batal, dan atas pembatalan lelang tidak dapat dilakukan penuntutan.

Selain itu, tambah dia, dalam pelaksanaannya dapat menambahkan syarat kualifikasi berupa surat peryataan tidak akan menuntut PA/KPA dan PPK dan kelompok kerja jika anggaran tersebut dibatalkan akibat dicoretnya/pengurangan anggaran.(vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Seruyan Fair, Menyedot Minat Masyarakat

Seruyan

Dewan Apresiasi Keberhasilan Pemkab Seruyan Budidaya Bibit Ikan Belida

Seruyan

Bupati Seruyan Dukung Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

Seruyan

Tingkatkan Persatuan, Polres dan Pemkab Seruyan Gelar Harmoni Indonesia

Seruyan

Tragis..Tiga Warga Danau Sembuluh Tewas Disambar Petir

Seruyan

Ditabrak Saat Berbelok, Penumpang Sepeda Motor Tewas

Seruyan

Jaga Persatuan, Polres Seruyan Gelar Ikrar Kebangsaan

Seruyan

Dewan Dorong Pemkab Telusuri Penyebab Kelangkaan BBM Seruyan
error: Content is protected !!