Home / Seruyan

Senin, 13 November 2017 - 19:38 WIB

LKPP Sosialisasi Aturan Hukum Dalam Pengadaan Barang dan Jasa

KUALA PEMBUANG,Kaltengekspres.com –
Pemerintah Daerah (Pemda) Seruyan bersama LKPP, menggelar sosialisasi Perpres No 54 tahun 2010 beserta perubahan tentang pengadaan barang /jasa pemerintah dan penanganan permasalahan hukum pengadilan yang bertempat di Aula Dinas Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah, Senin (13/11/2017).
Sekda Kabupaten Seruyan Haryono mengatakan, tujuan pemerintah daerah mengadakan sosialisasi ini bukan hanya untuk sekedar sosialisasi biasa. Akan tetapi untuk memberikan pemahaman mengenai bidang pengadaan barang/jasa dari narasumber LKPP yang telah banyak menemui dan menangani permasalahan baik dari sisi perencanaan maupun pengadaan.

Sedangkan, Kasubid Penanganan Permesalahan Kontrak, Deputi Hukum dan Penyelesaaan Sanggah LKPP Mudjisantosa  menjelaskan, Permasalahan hukum pada pengadaan barang/jasa tidaklah muncul secara tiba-tiba melainkan karena ada penyebabnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Seruyan Apresiasi Aksi Solidaritas Bersama Pemuda Seruyan
“Seperti permasalahan hukum pada pengadaan barang/jasa¬† bisa berasal dari proses perencanaan anggaran, proses pemilihan (lelang), pelaksanaan kontrak, serah terima pekerjaan maupun pemanfaatan barang/jasa,Untuk menyelesaikan permasalahan hukum pengadaan barang/jasa dan menghindari terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan kontrak, dibutuhkan pemahaman,”ujarnya.

Kemudian pelelangan 2018 dilakukan sekarang di 2017 lanjut dia, maka dicantumkan didokumen pengadaan. Bilamana anggaran tidak tersedia atau berkurang nilai paket ini maka pelelangan menjadi batal, dan atas pembatalan lelang tidak dapat dilakukan penuntutan.

Selain itu, tambah dia, dalam pelaksanaannya dapat menambahkan syarat kualifikasi berupa surat peryataan tidak akan menuntut PA/KPA dan PPK dan kelompok kerja jika anggaran tersebut dibatalkan akibat dicoretnya/pengurangan anggaran.(vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Dishub Seruyan Bakal Pasang Traffic Light di Kawasan Dalam Kota

Seruyan

Bupati Seruyan Bagikan Kartu BPJS ke Warga 9 Desa di Sembuluh

Seruyan

Perluas Lahan Pertanian, DKPP Harapkan Eksavator Provinsi Dipinjam ke Seruyan

Seruyan

Wabup Seruyan Sarankan Pemberian Alsintan Bagi Poktan Merata

Seruyan

Terkendala Akses Jalan, Warga Seruyan Hulu Sulit Pasarkan Hasil Kebun

Seruyan

Tetap Profesional, Meski Anggota Keluarga Ikut Caleg

Seruyan

Gelar Ramah Tamah di Rumahnya, Pjs. Bupati Seruyan Beri Bantuan Lansia

Seruyan

Curi Uang Pengunjung, Dua Satpam RSUD Kuala Pembuang Diringkus Polisi