Komite Akreditas Rumah Sakit Survey RSUD Sultan Imanuddin

PANGKALAN BUN,Kaltengekspres.com – Guna meningkatkan akreditas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Komite Akreditas Rumah Sakit (KARS) Jakarta, mengadakan survey akreditas di rumah sakit setempat. Kegiatan survey akreditas ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni terhitung sejak 21-23 November 2017.

Kegiatan survey ini ditandai dengan diadakannya pembukaan di Swissbelin Hotel Pangkalan Bun Selasa (21/11/2017). Hadir dalam kegiatan ini Bupati Kobar Hj Nurhidayah Ketua Komisi A DPRD Muhammad AR, Perwakilan dari Dinkes Kobar, dan Dewan Pengawas RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

Hj Nurhidayah mengatakan, pelayanan RSUD Sultan Imanuddin diharapkannya dapat terus ditingkatkan. Apalagi saat ini rumah sakit setempat terus melengkapi peralatan medis yang makin canggih. “Kita harapkan dengan peningkatan fasilitas yang dimiliki saat ini, RSUD Imanuddin dapat menjadi rujukan pasien di tingkat regional, dimana sebelumnya pasien dengan penyakit tertentu dirujuk ke rumah sakit di Jawa,” ujar Nurhidayah.

Untuk itu lanjut Nurhidayah, kegiatan akreditasi ini, diharpkan mampu memberikan dampak positif bagi pelayanan kesehatan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Sehingga dapat diakui dalam standar pelayanannya, dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Saya mengapresiasi pihak manajemen dan jajaran RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, yang telah mempersiapkan secara baik upaya akreditasi ini, apapun hasilnya saya berpesan agar tetap bekerja dengan maksimal penuh tanggung jawab serta tetap semangat, insya Allah dengan niat yang tulus, serta pelaksanaan pekerjaan yang ikhlas dalam membantu masyarakat,”papar Nurhidayah.

Sementara itu Kepala Tim Surveyor  Dedy Tedjakusuma menjelaskan, tim surveyor  yang diterjunkan melakukan survet ini bekerja selama tiga hari. Pelaksanaan penilaian akan dimulai dengan melihat standar pelayanan di rumah sakit. Di hari pertama,tim akan mendengarkan paparan dari pihak manajemen rumah sakit, kemudian dilanjutkan dengan telaah dokumen dalam bentuk rekam medik dan telaah dokumen rekam medik tertutup. Selanjutnya akan dilakukan telusur lapangan.

Baca Juga :  13 Hari Giat Operasi Zebra, Terjaring 1.212 Pelanggar Lalin

“Mudah-mudahan pelayanan yang telah diterapkan RSUD Sultan Imanuddin memenuhi standar, baik yang ada di Permenkes maupun undang undang,”kata Dedy.

Dedy juga menerangkan,  bahwa akreditasi ini adalah amanah dari rakyat. Supaya rumah sakit memberikan pelayanan yang bermutu bagi masyarakat. (hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here