Home / Katingan

Senin, 27 November 2017 - 16:46 WIB

Bantu Tiwah Massal di Desa Telok, Pemkab Katingan Sumbang Rp 250 Juta

KASONGAN, Kaltengekspres.com – Upacara tiwah merupakan ritual tingkat akhir acara kematian umat Hindu Kaharingan, seperti yang dilaksanakan di Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan. Masyarakat di desa setempat rencananya dalam waktu dekat akan melaksanakan upacara tiwah massal. Diupacara itu rencananya, sebanyak 75 kerangka jenazah akan menjalani prosesi tiwah massal.

“Jumlah kerangka yang diikut sertakan dalam pelaksanaan upacara tiwah massal  75 kerangka. Berasal dari sejumlah kecamatan. Yang pasti kebanyakan dari Kecamatan Katingan Tengah,”ujar Ketua DPRD Kabupaten Katingan Ignatius Mantir L. Nussa, di DPRD Katingan Senin (27/11/2017).

Baca Juga :  PDM Bersama Ortom Muhammadiyah Buka Posko Banjir

Menurut Mantir, untuk pelaksanaan napesan (pemasukan tulang arwah ke dalam sandung) dilaksanakan pada tanggal (30/11/2017). Sedangkan pelaksanaan upacara tiwahnya, telah dibantu oleh Pemkab Katingan  yang bersumber dari dana hibah sebesar Rp 250 juta.

“Yang namanya tiwah massal pastinya ada bantuan dana dari Pemkab. Pemkab Katingan akan membantu dari dana hibah sebesar Rp 250 juta,”ungkapnya.

Baca Juga :  Utamakan Pencegahan Dalam Cipkon Kondusif

Ia menjelaskan, pelaksanaan tiwah ini selain mendapat bantuan dari Pemkab Katingan juga ditambah dari swadaya/pihak keluarga sehingga jumlahnya kurang lebih mencapai Rp 400 juta.

“Adanya kebijakan Pemkab Katingan untuk membantu pelaksanaan tiwah ini, setidaknya banyak masyarakat yang terbantu agar bisa mengikut sertakan keluarganya yang sudah meninggal untuk ditiwahkan. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa upacara tiwah ini untuk mengantarkan arwah ke lewu tatau (sorga),”paparnya. (Ejk)

Share :

Baca Juga

Katingan

ODP Katingan Meningkat 46 Orang, PDP 4 Orang dan Positif 1 Orang

Katingan

Puluhan Masyarakat Disosialisasi Perbup Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Katingan

Layanan SIM Polres Katingan Tetap Lakukan Protokol Kesehatan

Katingan

PPKM Skala Mikro Katingan Dilaunching

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Keluhkan Keterlambatan Pengiriman Pupuk Bersubsidi

Katingan

PWKI Katingan Kunjungi Yayasan JAM

Katingan

Antisipasi Kriminal, Polisi Tingkatkan Patroli Keamanan

DPRD Provinsi Kalteng

Kecamatan Katingan Tengah Butuh Pelayanan Dukcapil
error: Content is protected !!