Home / Kobar

Rabu, 25 Oktober 2017 - 17:23 WIB

Warga Kumpai Batu Atas Budidayakan Kopi Liberika Khas Pangkalan Bun

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Warga Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), membudidayakan tanaman kopi liberika khas Pangkalan Bun. Tanaman ini mulai dibudidayakan sejak beberapa tahun terakhir ini. Bahkan, belum lama ini budidaya ini meluas dilakukan Kelompok Tani Selanting di desa setempat.

“Saya merasa sangat terbantu dalam penjualan, sering anak-anak muda dari pangkalan bun datang kemari untuk beli kopi dan juga ada yang hanya melihat kebun kopi itu saja,  selama ini kami hanya menjual hasil panen ke warung-warung dan tetangga yang ada acara hajatan saja, ” ungkap Marsiti warga setempat yang turut membudidayakan kopi liberika kepada Kalteng Ekspres.com Rabu (25/10/2017).

Baca Juga :  Puteri Kalteng Asal Barsel Runer Up Putri Indonesia se-Kalimantan

Sementara itu Rasdiwangsa, selaku pengembang odjek wisata  potensi petani kopi di Pangkalan Bun, menyambut baik adanya budidaya tersebut. Menurut dia,  budidaya ini sangat bagus untuk di kembangkan, karena kopi yang mereka tanam adalah sejenis tanaman kopi ribelika. “Tanaman kopi ini hanya bias kita temui di Sumatra,” ujarnya disela-sela meninjau kebun kopi di desa setempat Rabu (25/10/2017).

Baca Juga :  Ratusan Personel Polres Kobar Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Sebelumnya Bupati Kobar Hj Nurhidayah, juga mengapresiasi atas tanaman kebun kopi ini. Menurut Bupati, perkebunan kopi ini sesuatu kebanggaan daerah, lantaran Kobar memiliki kopi ciri khas.

“Ke depannya pasti akan ada pembinaan dari swasta dan pemerintah, apabila kopi tersebut tumbuh dan berkembang pesat kedepanya pasti kita akan kembangkan lagi,”papar Nurhidayah. (dre)

Share :

Baca Juga

Kobar

RKS Project Gebrak Balantika Musik Nasional

Kobar

Ribuan Pemudik Berangkat dari Pelabuhan Panglima Utar

Kobar

Puluhan Pelaku Bali Sempat Intimidasi Anggota Polisi

Kobar

Toko Sembako dan Salon Kecantikan di Pangkalan Bun Berkobar

Kobar

Stok Berkurang, Harga Ayam Potong Naik Rp 50 Perkilogramnya

Kobar

Positif Narkoba,  5 Pengunjung THM Direhabilitasi

Kobar

Kerap Lakukan Pengancaman, IRT Dilaporkan ke Satpol PP

Kobar

Terhimpit Ekonomi, Buruh Bangunan Nekat Mencuri Burung di Pemukiman Padat Penduduk