Jaring Putra Daerah, Pemkab dan Polres Jalin Kerjasama

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com -Untuk menjaring putra daerah agar bisa masuk anggota polisi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan bekerjasama dengan Kepolisian Resort (Polres) Seruyan, menjalin kerjasama pendidikan dan pelatihan (Diklat) terhadap terhadap putra daerah sebelum mengikuti tes masuk kepolisian.

Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu’min Wijaya SIK mengatakan, kerjasama dengan Pemkab Seruyan ini, untuk menyerap putra daerah, karena selama ini keterwakilan putra daerah masih kurang. Sehingga perlu diadakan kerjasama Diklat kepada peserta saleksi yang akan mendaftar penerimaan anggota Polri 2018.

“Untuk pelaksanaannya dimulai dari September 2017 sampai dengan Februari 2018, yang mana nantinya akan melakukan Diklat yang hampir sama seleksi dengan selekai masuk kepolisian,” katanya.

Ia menjelaskan, nantinya materi yang akan di berikan oleh Polres Seruyan adalah akademik, psikologi, kesehatan maupun jasmani.

“Selain itu, kita juga ¬†akan mengutamakan putra daerah yang memiliki prestasi dibidang akademik, pendidikan, beladiri, olahraga, paskibraka, dan hafiz quran, terutama anak yang ada di pelosok jika mareka lulus akan ditugaskan di daerahnya,”ujarnya.

Ia menambahkan, tentunya penerimaan itu saling mengawasi antara pemeritah dan pihak kepolisian agar pelaksanaannya bisa objektif, transparan.

Sedangkan, Bupati Kabupaten Seruyan H Sudarsono SH saat di konfirmasi mengatakan, sejak awal pihaknya akan mempersiapkan calon, sehingga jika ada penerimaan polisi para peserta sudah siap melaksanakannya.

“Maka dari itu, kita minta Polres Seruyan untuk memberikan Pelatihan dan pembinaan sejak awal, fisik dan mental kita siapkan terlebih dahulu. Sehingga pada saat bersaing kita tidak memaksakan diri dan betul-betul bersaing secara sehat,”papar Sudarsono.

Ia menjelaskan, sudah seringkali dibicara tentang kepentingan putra daerah tapi, malah lupa menyiapkan diri dalam melawan persaingan dengan yang lain,  maka dari itu kerjasama antara Polres Seruyan ini sangat penting.

“Kita menginginkan putra-putra daerah yang bukan asal-asalan tapi yang memang berkualitas baik, dan mampu bersaing dengan daerah lain itu yang kita hajatkan,”pungkas Sudarsono.(vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here