Home / Seruyan

Jumat, 15 September 2017 - 22:06 WIB

Polres Seruyan Modifikasi Motor Jadi Alat Damkar

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres com – Polisi Resor (Polres) Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng), memodifikasi sejumlah kendaraan roda dua menjadi alat pemadaman kebakaran (Damkar) sederhana.
“Ada tujuh buah sepeda motor yang sudah kita modifikasi untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” kata Wakapolres Kompol Agus Dwi Suryanto usai Apel Pergelaran Kendaraan Taktis Pemadam Karhutla di kantor Polres Seruyan Jumat (15/09).

Ia menjelaskan, selain tujuh unit sepeda motor modifikasi yang dilengkapi pompa air pada bagian mesin, Polres juga menyiapkan tiga unit pompa air Alkon yang juga sudah dimodifikasi sehingga dapat digunakan berpindah-pindah dalam waktu cepat.

Baca Juga :  Ditetapkan Tersangka, Pj Kades Tumbang Bajanei Ditahan Kejari Kotim
Wakapolres juga menambahkan, sepeda motor dan pompa air yang sudah dimodifikasi berfungsi untuk menyasar lokasi Karhutla yang sulit dijangkau, menggantikan mobil pemadam kebakaran yang tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran. Nantinya alat-alat pemadam kebakaran ini akan ditempatkan Seluruh Polsek yang ada di Seruyan

Menurutnya, berdasarkan pengalaman yang telah lalu, penanganan karhutla di “Bumi Gawi Hatantiring” seringkali menemui banyak hambatan di lapangan, di antaranya jarak titik api yang jauh dan sulit dijangkau sehingga api yang lambat ditanggulangi sempat membesar.

.
“Dengan kendaraan ini kita bisa menembus lokasi kebakaran walaupun hanya jalan setapak, yang penting di lokasi ada sumber air,” katanya.

Ia berharap, modifikasi kendaraan taktis yang dilakukan kepolisian untuk penanggulangan karhutla dapat menjadi inspirasi dan dicontoh oleh Pemkab Seruyan beserta jajarannya sehingga penanganan karhutla menjadi lebih efektif.(vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Bupati Harapkan Petani Seruyan Berinovasi

Seruyan

Rekanan Diminta Selesaikan Pekerjaan Tepat Waktu

Seruyan

Pemkab Seruyan Upayakan Pembangunan Merata

Seruyan

Menurut Polisi, Ini Penyebab Guru Aniaya Murid di Telaga Pulang

Seruyan

DPRD Seruyan Ajak Masyarakat Perangi Berita Hoax

Seruyan

Bupati Sebut Guru Berkualitas Berperan Tingkatkan Pendidikan

Seruyan

Pengedar Sabu Asal Sampit Diringkus Polisi di Sembuluh

Seruyan

Tampilkan Tarian Bukung, Kontingen Seruyan Jadi Perhatian Pengunjung
error: Content is protected !!