Home / Seruyan

Jumat, 15 September 2017 - 22:06 WIB

Polres Seruyan Modifikasi Motor Jadi Alat Damkar

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres com – Polisi Resor (Polres) Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng), memodifikasi sejumlah kendaraan roda dua menjadi alat pemadaman kebakaran (Damkar) sederhana.
“Ada tujuh buah sepeda motor yang sudah kita modifikasi untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” kata Wakapolres Kompol Agus Dwi Suryanto usai Apel Pergelaran Kendaraan Taktis Pemadam Karhutla di kantor Polres Seruyan Jumat (15/09).

Ia menjelaskan, selain tujuh unit sepeda motor modifikasi yang dilengkapi pompa air pada bagian mesin, Polres juga menyiapkan tiga unit pompa air Alkon yang juga sudah dimodifikasi sehingga dapat digunakan berpindah-pindah dalam waktu cepat.

Wakapolres juga menambahkan, sepeda motor dan pompa air yang sudah dimodifikasi berfungsi untuk menyasar lokasi Karhutla yang sulit dijangkau, menggantikan mobil pemadam kebakaran yang tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran. Nantinya alat-alat pemadam kebakaran ini akan ditempatkan Seluruh Polsek yang ada di Seruyan

Menurutnya, berdasarkan pengalaman yang telah lalu, penanganan karhutla di “Bumi Gawi Hatantiring” seringkali menemui banyak hambatan di lapangan, di antaranya jarak titik api yang jauh dan sulit dijangkau sehingga api yang lambat ditanggulangi sempat membesar.

.
“Dengan kendaraan ini kita bisa menembus lokasi kebakaran walaupun hanya jalan setapak, yang penting di lokasi ada sumber air,” katanya.

Ia berharap, modifikasi kendaraan taktis yang dilakukan kepolisian untuk penanggulangan karhutla dapat menjadi inspirasi dan dicontoh oleh Pemkab Seruyan beserta jajarannya sehingga penanganan karhutla menjadi lebih efektif.(vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Penemuan Mayat MR X Gegerkan Warga Hanau

Seruyan

Keberangkatan Jamaah Calon Haji Seruyan Tahun Ini Ditunda

Seruyan

Wabup Seruyan Apresiasi Diskusi Online Bersama Bawaslu

Seruyan

Tragis..Tiga Warga Danau Sembuluh Tewas Disambar Petir

Seruyan

Bendera Merah Putih Sepanjang 350 Meter Turut Dibentangi di Sungai Seruyan

Seruyan

Kunjungi Hanau, Pjs Bupati Seruyan Diminta Bangun Perguruan Tinggi

Seruyan

Cek Harga Sembako, Plh Bupati Sidak Pasar Saik

Seruyan

Peduli Keselamatan Pelajar, Polres Seruyan Beri Layanan Penyeberangan Jalan