Home / Kobar

Kamis, 11 Juli 2024 - 08:05 WIB

Ketua KPU Kobar Apresiasi Kerja Pantarlih

Ketua KPU Kotawaringin Barat, Chaidir. saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto : rindu)

Ketua KPU Kotawaringin Barat, Chaidir. saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto : rindu)

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat, Chaidir mengapresiasi kinerja para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang terserah di enam Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat. Pasalnya, hingga hari ke 15 petugas Pantarlih bekerja capaian progres sudah mencapai 80 persen lebih.

“Ini pencapaian yang luar biasa meskipun kami akui terdapat tantangan dan beberapa kendala di lapangan saat melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih. Tetapi semua itu bisa dilalui dan terbukti hingga hari ke 15 kemarin sudah tembus 80 persen lebih yang sudah di coklit,” kata Chaidir di wawancarai Rabu (10/7/2024).

Baca Juga :  Pengidap Epilepsi Ditemukan Tewas Mengapung di Parit

Menurutnya, kendala yang cukup menyulitkan dan menguras tenaga petugas Pantarlih adalah perihal alamat yang tidak sesuai dengan KTP. Petugas Pantarlih sering kali harus berulang kali kembali datang dan memastikan orangnya tetapi tetap tidak menemukan. Bahkan sudah berkoordinasi dengan ketua RT dan para tetangga.

“Kebanyakan, yang ditemui kendalanya, mereka hanya numpang tinggal tetapi orangnya tidak disitu, ada yang tinggal dan domisili di perusahaan perkebunan,” kata Chaidir.

Kendala lain, masalah pecahan Kepala Keluarga (KK) hal itu dianggap tidak terlalu berarti dan bisa diatasi oleh Pantarlih. Termasuk juga ada ditemui yang tertukar Tempat Pemungutan Suara (TPS) tetapi hal itu tidak banyak.

Baca Juga :  Gasak Ponsel Warga Melawen, Maling Toko Distro Dipidana

“Kita berharap di sisa waktu hingga tanggal 24 Juli 2024, data hasil coklit benar-benar clear sebagai dasar untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) nantinya,” kata Chaidir.

Sedangkan untuk tahapan pencalonan sesuai jadwal akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024. Diawali dengan pengumuman pendaftaran calon pada tanggal 24-26 Agustus. Kemudian untuk pendaftarannya dimulai pada tanggal 27-29 Agustus 2024. (du)

Share :

Baca Juga

Kobar

Dites Urin, Puluhan Anggota Satpol Negatif Narkoba

Kobar

Dihantam Ombak, Perahu Motor Membawa Dua Turis Tenggelam

Kobar

Kebakaran Meluas di Kobar, Giliran Lahan di Pasir Panjang Dilalap Jago Merah

DPRD Kobar

Dewan Sarankan Kobar Miliki Pembersih Sarang Walet

Kobar

Iptu Triyono Raharja Jabat Kasatnarkoba Polres Kobar

Kobar

Tak Membuahkan Hasil, Pencarian Dua Balita Dihentikan

Kobar

Biadab, Ayah Garap Keperawanan Anak Tiri Sebelum Menikah

Kobar

Pesta Miras , 4 Remaja Diciduk Satpol PP KobarĀ