Home / Barito

Selasa, 14 Mei 2024 - 07:27 WIB

Korban Tewas Insiden Tugboat Meledak Bertambah 3 Orang

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Tiga anak buah kapal (ABK) dikabarkan tewas dalam insiden meledaknya tugboat batu bara di perairan Desa Kalanis, Kabupaten Barito Selatan pada Senin (13/5/2024) dini hari. Dua korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dengan tubuh penuh luka bakar persis di dekat kapal yang berkobar. Sedangkan satu korban jiwa lagi meninggal meski sempat mendapat pertolongan.

Dua korban jiwa yang ditemukan di TKP diketahui merupakan ABK dari tugboat Surya 03. Sedangkan satu korban jiwa yang sempat mendapatkan pertolongan merupakan ABK dari kapal dagang bernama Setya Baru 05.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto melalui Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol ErIan Munaji mengungkapkan jika sejauh ini terdapat tiga ABK lainnya yang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga :  Mantap! Dokumen RAD AMPL Barsel 2019 -2023 Diserahkan 

“Tiga orang dinyatakan meninggal dunia dan delapan orang lagi masih dalam pencarian,” ungkap Erlan.

Erlan menerangkan, berdasarkan data yang diterima saat ini, untuk ABK dari tugboat batu bara Surya 03 berjumlah sembilan korban. Satu diantaranya berhasil diselamatkan oleh warga dan enam ABK lainnya sedang dalam pencarian.

“Untuk dua orang lainnya dinyatakan meninggal dunia setelah ditemukan oleh petugas pada bagian sisi kanan kapal dengan kondisi luka bakar berat,” terangnya.

Sementara untuk Kapal Setya Baru 05 diketahui terdapat lima ABK. Ttiga orang berhasil diselamatkan namun dilaporkan pada pukul 16.30 WIB, satu orang yang selamat dinyatakan meninggal diakibatkan luka bakar dan dua orang masih dalam proses pencarian.

Baca Juga :  Tiga Komplotan Pencuri Sarang Walet Didor Polisi

“Para korban yang ditemukan saat ini sudah dibawa untuk ditangani lebih lanjut di Rumah Sakit Tamiang Layang dan RS Banjarmasin karena mengalami luka bakar,” ucapnya.

Dalam kejadian ini, lanjut Erlan, pihaknya berfokus dalam upaya pencarian dan evakuasi korban, serta pendinginan kapal yang terbakar. Selain itu ditetapkan status quo TKP dan untuk selanjutnya dilakukan proses penyelidikan guna mengetahui awal mula titik api terjadi. (ran)

Share :

Baca Juga

Barito

Gawat! Pasien Positif Covid-19 di Barsel Bertambah Jadi 17 Orang

Barito

Serda Lunik Laporan Kendala TMMD Kepada Tim Pendam XII/Tpr

Barito

Hitungan Menit, Pencuri Gasak Emas dan Uang Pasien RSUD Muara Teweh

Barito

Kepala BPN dan Sekda Barsel Serahkan 1913 Sertifikat Ke Warga

Barito

Polres Barsel Tindak Tegas Pelaku Karhutla

Barito

Mudahkan Masyarakat,Pemkab Barut Launcing Layanan Sistem Online Pembayaran PBB-P2,

Barito

Damdim 1012/BTK Apresiasi Dukungan Pemkab dan Masyarakat Terhadap TMMD

Barito

Gubernur Kalteng Minta Insan Pers Terus Bersinergi