Home / Barito

Selasa, 25 Februari 2020 - 19:23 WIB

Mantap! Dokumen RAD AMPL Barsel 2019 -2023 Diserahkan 

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengelar Laporan Akhir Penyusunan dan Penyerahan Simbolis Dokumen rencana aksi Daerah air minum dan penyehatan lingkungan (RAD AMPL) tahun 2019 – 2023.di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Selasa (25/2/2020).

Sekda Barsel Edy  Purwanto AP Msi yang sambutanya dibacakan Asisten I  Ir Fajar, mengatakan UU No.23/2014 tentang pemerintahan daerah menetapkan bahwa penyediaan layanan dasar termasuk air minum dan sanitasi, merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah serta komitmen bersama pemerintah daerah dan DPRD Barsel dalam rangka pencapaian universal acses air minum dan sanitasi.

Baca Juga :  Gugus Tugas Covid-19 Barsel Kembali Aktifkan Pos Pantau 

“Mengimplementasi mandat tersebut Pemkab perlu untuk menyusun kebijakan pengalokasian anggaran dan strategi penyediaan air minum dan sanitasi secara komprehensif, jelas, terukur dan dapat dilaksanakan. Termasuk diantaranya kebijakan pemanfaatan APBD, Dana Desa,DAK Infrastruktur,DAK STBM fisik maupun non fisik,Hibah Air minum pedesaan,CSR dan lain lainnya,” katanya.

Dijelaskan Edy Purwanto, RAD AMPL adalah rencana dalam penyediaan pelayanan air minum dan penyehatan lingkungan untuk periode 5 tahun, dokumen ini sebagai rencana pengembangan kapasitas daerah untuk perluasan program pelayanan AMPL yang mengadopsi pendekatan AMPL berbasis masyarakat.

“RAD AMPL sebagai kebutuhan atau acuan bagi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh SOPD yang bertanggung jawab untuk bidang AMPL sebagaimana di atur melalui perbup nomor 33 Tahun 2019 untuk menjadi acuan pemda dalam pembangunan program AMPL 5 tahun mendatang, termasuk nantinya sebagai dukungan bagi pelaksanaan kewajiban daerah dalam menyediakan pelayanan air minum sesuai SPM,” jelasnya.

Baca Juga :  Monitoring Hari Ketiga Komisi II DPRD Sambangi Karau Kuala

Ditempat yang sama kepala Bappeda Barsel Drs H Jumadi, meras optims kegiatan RAD AMPL di Barsel bisa sukses sesuai harapan, mengingat masyarakat SOPD terkait mendukung.

“Bila kita didukung masyarakat dan SOPD terkait saya optimis100 persen akses air minum dan akses sanitasi di Barsel bisa terealisasi,” tandasnya. (rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Salah Satu Warga Sibung Yang Rela Tak Dibayar Bekerja di TMMD

Barito

Jalan TMMD Mempermudah Warga Mengangkut  Hasil Kebunnya

Barito

Cegah Covid-19, Satgas TMMD Bersama Warga Aktifkan Pos Pantau di Desa Sibung

Barito

Dilokasi TMMD Ke- 109 Tentara Berbagai Ilmu Dengan Petani Coklat

Barito

Terjun ke Sungai, Warga Barut Kembali Digegerkan Ulah Larasafitri

Barito

Idul Adha, Polres Bartim Potong 5 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing

Barito

DPRD Barsel Ungkap Dugaan Pungli Pembuatan Izin Galian C

Barito

Pengidap Epilepsi Ditemukan Tewas Tenggelam
error: Content is protected !!