Home / Barito

Senin, 9 November 2020 - 18:59 WIB

Kepala BPN dan Sekda Barsel Serahkan 1913 Sertifikat Ke Warga

Buntok,KaltengEkspres.com – Kepala Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ahmad Bajuri APtnh bersama Sekretaris Daerah Edi Purwanto, mengikuti acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Aula kantor Sekretariat Daerah Barsel pada Senin, 9 November 2020.

Usai acara, Sekda Barsel Edi Purwanto didampingi Kepala BPN Barsel Ahmad Bajuri APtnh, dan anggota Forkopimda Kabupaten Barsel menyerahkan ribuan persil sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat beberapa Desa di Barsel

Sekda Barsel Edi Purwanto mengatakan bahwa tujuan dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini adalah agar masyarakat memiliki kepastian hukum dalam kepemilikan tanah.

Baca Juga :  Kasus OTT Disdik Barsel Diprapradilkan

“Dengan adanya sertifikat tanah, masyarakat kita akan terhindar dari konflik agrarian. Selama ini banyak konflik agraria yang merugikan masyarakat. Karena mereka tidak memiliki sertifikat tanah sehingga tidak ada kepastian hukum dalam kepemilikan tanah mereka. Konflik tanah biasa terjadi saat adanya investasi dan pembangunan masuk,” ungkap.

Ia menjelaskan, untuk di Barsel sendiri sertifikat akan diterbitkan sebanyak 3078 bidang, dimana sertifikat tersebut nantinya akan menjadi pegangan masyarakat bahwa hak keperdataan atas tanah syah.

“Ini program yang luar biasa dan mudah – mudahan bisa berlanjut di tahun – tahun akan datang,” jelasnya.

Baca Juga :  Dua Warga Ampah Ditangkap Polisi Saat Bertransaksi Sabu

Sementara itu Kepala BPN Barsel Ahmad Bajuri APtnh mengatakan terkait penyerahan sertifikat secara virtual, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Barsel yang telah memfasilitasi tempat sehingga acaranya bisa berlangsung dengan baik.

Kemudian dirinya juga menyampaikan tahun ini Barsel memperoleh target sertifikat sebanyak 3078 sertifikat, dimana hingga saat ini sudah diselesaikan sebanyak 1913, dan akhir Desember semuanya sudah diterbitkan.

“Kami atas nama Kementrian Agraria BPN, lebih khusus kantor pertanahan Barsel, mengucapkan terimakasih kepada Pemda, dan semua pihak yang telah membantu selama ini,” tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Dilokasi TMMD Ke- 109 Tentara Berbagai Ilmu Dengan Petani Coklat

Barito

Pos Kotis Dukung Suksesnya TMMD di Bartim

Barito

Maksimalkan PAD, Direktur PT BRB Harapkan Dukungan Masyarakat

Barito

Hilang Berbulan Bulan, Warga Muara Singan Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

Barito

15 Personil Polres Barsel Mendapatkan Kenaikan Pangkat Satu Tingkat

Barito

Dandim Buntok : Sasaran Tambahan Merupaka Oper Prestasi

Barito

Jika Tiga Kali Mangkir, Kejari Barsel Tetapkan Hasanudin Agani DPO

Barito

Selangkah Lagi TPP ASN di Barsel Cair