Home / Barito

Senin, 9 November 2020 - 18:59 WIB

Kepala BPN dan Sekda Barsel Serahkan 1913 Sertifikat Ke Warga

Buntok,KaltengEkspres.com – Kepala Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ahmad Bajuri APtnh bersama Sekretaris Daerah Edi Purwanto, mengikuti acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Aula kantor Sekretariat Daerah Barsel pada Senin, 9 November 2020.

Usai acara, Sekda Barsel Edi Purwanto didampingi Kepala BPN Barsel Ahmad Bajuri APtnh, dan anggota Forkopimda Kabupaten Barsel menyerahkan ribuan persil sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat beberapa Desa di Barsel

Sekda Barsel Edi Purwanto mengatakan bahwa tujuan dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini adalah agar masyarakat memiliki kepastian hukum dalam kepemilikan tanah.

Baca Juga :  Banjir di Kota Buntok Telan Korban Jiwa

“Dengan adanya sertifikat tanah, masyarakat kita akan terhindar dari konflik agrarian. Selama ini banyak konflik agraria yang merugikan masyarakat. Karena mereka tidak memiliki sertifikat tanah sehingga tidak ada kepastian hukum dalam kepemilikan tanah mereka. Konflik tanah biasa terjadi saat adanya investasi dan pembangunan masuk,” ungkap.

Ia menjelaskan, untuk di Barsel sendiri sertifikat akan diterbitkan sebanyak 3078 bidang, dimana sertifikat tersebut nantinya akan menjadi pegangan masyarakat bahwa hak keperdataan atas tanah syah.

“Ini program yang luar biasa dan mudah – mudahan bisa berlanjut di tahun – tahun akan datang,” jelasnya.

Baca Juga :  Pengedar Sabu Asal Kalsel Dibekuk Polisi

Sementara itu Kepala BPN Barsel Ahmad Bajuri APtnh mengatakan terkait penyerahan sertifikat secara virtual, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Barsel yang telah memfasilitasi tempat sehingga acaranya bisa berlangsung dengan baik.

Kemudian dirinya juga menyampaikan tahun ini Barsel memperoleh target sertifikat sebanyak 3078 sertifikat, dimana hingga saat ini sudah diselesaikan sebanyak 1913, dan akhir Desember semuanya sudah diterbitkan.

“Kami atas nama Kementrian Agraria BPN, lebih khusus kantor pertanahan Barsel, mengucapkan terimakasih kepada Pemda, dan semua pihak yang telah membantu selama ini,” tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Satgas TMMD Pamit Setelah Sebulan Tinggal Dengan Keluarga Asuh

Barito

Sempat Melawan, Pelaku Pencurian Sarang Walet Didor Polisi

Barito

Duel Berdarah, ABG Terkapar Dikampak Pria Berbaju Dinas

Barito

Jalan Menuju Bandara Baru Rawan Longsor

Barito

Keterlibatan Generasi Milenial Dalam Kegiatan TMMD Sangat Penting

Barito

Camat Karau Kuala Pastikan Hanya, BLT DD Dicairkan Bagi Desa Teluk Sampudau

Barito

Gelapkan Motor Teman, Pemuda Pendreh Diringkus Polisi

Barito

Satgas TMMD Bantu Siram Kebun Sawi Milik Warga