Home / Barito

Senin, 9 November 2020 - 18:59 WIB

Kepala BPN dan Sekda Barsel Serahkan 1913 Sertifikat Ke Warga

Buntok,KaltengEkspres.com – Kepala Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ahmad Bajuri APtnh bersama Sekretaris Daerah Edi Purwanto, mengikuti acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Aula kantor Sekretariat Daerah Barsel pada Senin, 9 November 2020.

Usai acara, Sekda Barsel Edi Purwanto didampingi Kepala BPN Barsel Ahmad Bajuri APtnh, dan anggota Forkopimda Kabupaten Barsel menyerahkan ribuan persil sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat beberapa Desa di Barsel

Sekda Barsel Edi Purwanto mengatakan bahwa tujuan dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini adalah agar masyarakat memiliki kepastian hukum dalam kepemilikan tanah.

Baca Juga :  Cegah Laka Air, Polisi Tes Urine Belasan Motoris dan Nahkoda

“Dengan adanya sertifikat tanah, masyarakat kita akan terhindar dari konflik agrarian. Selama ini banyak konflik agraria yang merugikan masyarakat. Karena mereka tidak memiliki sertifikat tanah sehingga tidak ada kepastian hukum dalam kepemilikan tanah mereka. Konflik tanah biasa terjadi saat adanya investasi dan pembangunan masuk,” ungkap.

Ia menjelaskan, untuk di Barsel sendiri sertifikat akan diterbitkan sebanyak 3078 bidang, dimana sertifikat tersebut nantinya akan menjadi pegangan masyarakat bahwa hak keperdataan atas tanah syah.

“Ini program yang luar biasa dan mudah – mudahan bisa berlanjut di tahun – tahun akan datang,” jelasnya.

Baca Juga :  Pastikan Pemudik Aman, Polres Bartim Cek Urin Sopir Travel

Sementara itu Kepala BPN Barsel Ahmad Bajuri APtnh mengatakan terkait penyerahan sertifikat secara virtual, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Barsel yang telah memfasilitasi tempat sehingga acaranya bisa berlangsung dengan baik.

Kemudian dirinya juga menyampaikan tahun ini Barsel memperoleh target sertifikat sebanyak 3078 sertifikat, dimana hingga saat ini sudah diselesaikan sebanyak 1913, dan akhir Desember semuanya sudah diterbitkan.

“Kami atas nama Kementrian Agraria BPN, lebih khusus kantor pertanahan Barsel, mengucapkan terimakasih kepada Pemda, dan semua pihak yang telah membantu selama ini,” tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Geger…ABG Buntok Ditemukan Tewas Gantung Diri

Barito

Babinsa Dusun Layung Habang Semprot Disinfektan di Rumah Warga

Barito

Warga Layung Habang Akui Sangat Terbantu Adanya TMMD

Barito

Memutus Mata Rantai Corona, Satgas TMMD Semprot Disinfektan Mesjid Desa Sibung

Barito

Satgas TMMD Kodim Buntok Kembali Bagi Masker Gratis Ke Warga

Barito

Nekat Bawa Kabur dan Garap Keperawanan Gadis SMP, Duda Paruh Baya Dibekuk Polisi

Barito

Gelapkan BBM Jenis Solar, Dua Karyawan PT BC Diringkus Polisi

Barito

Dinas PUPR Barsel Gelar Penandatangan Integritas KKM Desa Sasaran Pamsimas III
error: Content is protected !!