Home / Pemkab Pulang Pisau / Pemprov Kalteng

Rabu, 24 Januari 2024 - 12:05 WIB

Menteri LHK dan Wagub Kalteng Tinjau Desa Tuwung

Menteri LHK RI Siti Nurbaya dan Wagub Kalteng Edy Pratowo serta  Pj. Bupati Pulang Pisau Hj. Nunu Andriani,kemudian pejabat lainnya saat mendapat penyambutan ketika mengunjungi Desa Tuwung Kabupaten Pulpis, Rabu (24/1). (Foto : IST)

Menteri LHK RI Siti Nurbaya dan Wagub Kalteng Edy Pratowo serta Pj. Bupati Pulang Pisau Hj. Nunu Andriani,kemudian pejabat lainnya saat mendapat penyambutan ketika mengunjungi Desa Tuwung Kabupaten Pulpis, Rabu (24/1). (Foto : IST)

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya Bakar melakukan kunjungan kerja ke Desa Tuwung Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (24/1/2024). Kunjungan Menteri LHK ini didamping Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) RI Hartono.

Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar mengatakan, maksud kunjungan kerja bersama tim dari Delegasi Dinas Kehutanan Amerika Serikat atau US Forestry Service ini untuk membuktikan sekaligus melihat langsung bahwa Kabupaten Pulang Pisau termasuk atau yang paling utama berhasil mengatasi persoalan kebakaran hutan.

“Tahun 2015 lalu, sejak September sampai dengan akhir November saya mendampingi Presiden bolak balik melewati jalan ini didampingi Bupati Pulang Pisau. Waktu itu, jarak pandang dari mobil ke jalan hanya tiga meter dan kadang dua meter akibat parahnya kabut asap,”kata Siti Nurbaya saat memberikan keterangan disela-sela kunker.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Kucurkan Dana Rp 18,57 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

Bukan hanya di sini yang terjadi kabut asap lanjut dia, yang parah terjadi di Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumsel, dan Jambi.

“Hal ini mendapat kecaman internasional pada akhir 2015 lalu,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng mengatakan, hampir 50% lokasi di areal pengelolaan KUPS LPHD Tuwung dulunya merupakan lahan bekas kebakaran hutan, namun sekarang telah dikembangkan untuk kegiatan Agroforestri oleh KUPS Desa Tuwung, dengan pendampingan dari Kementerian LHK RI yang berkolaborasi dengan UPT KPHP Kahayan Tengah di lapangan.

“Ada tiga kelompok usaha di Hutan Desa Tuwung ini, yaitu KUPS Perikanan, KUPS Peternakan, dan KUPS Budidaya Madu Kelulut,”ungkap Edy.

Edy Pratowo berharap pemberian persetujuan pengelolaan Hutan Desa dapat terus didorong lebih luas di Bumi Tambun Bungai apalagi Prov. Kalteng memiliki sekitar 11,9 juta hektare kawasan hutan, sehingga diharapkan kekayaan hutan tersebut dapat dikelola secara optimal dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  MUI Kalteng Diminta Sosialisasikan Bahaya Paham Radikal

Terlebih lagi tambah Edy, Kalteng akan menjadi tetangga terdekat IKN, diharapkan mampu melestarikan hutan gambut berikut fauna, banyak yang langsung dapat dinikmati seperti beraneka ragam buah hutan serta kayu yang langka perlu untuk dijaga dan dilestarikan, mohon kiranya menjadi perhatian kita bersama karena ini dapat menjadi pendapatan masyarakat sekitar hutan yang menjanjikan, dikarenakan masyarakat modern saat ini ingin sesuatu yang organik dan asli dari alam.

Sementara itu, Pj. Bupati Pulang Pisau Hj. Nunu Andriani menyambut baik adanya kunjungan tersebut. Ia berharap dengan adanya kunjungan Menteri LHK RI dan rombongan Delegasi dari Dinas Kehutanan Amerika ini bisa memberikan dampak positif bagi daerah setempat. Khususnya dalam kebijakan pembangunan kawasan setempat ke depannya. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Kabupaten/Kota Diminta Susun Design Pengendalian Penduduk

Metro Palangka Raya

Pemprov Kalteng Tanggung Biaya Berobat Korban Konflik Bangkal

Pemkab Pulang Pisau

DLH Pulpis Kolaborasi Kelola Sampah Perkotaan

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Dukung Penilaian Paritrana Award 2021

Pemprov Kalteng

Wakil Gubernur Kalteng Pimpin Panen Perdana Padi Inbrida

Pemprov Kalteng

Pantau Harga Sembako, Sekda dan TPID Kalteng Sidak Pasar

Hukum Kriminal

Polda Kalteng Gelar Apel Gabungan Penanganan Karhutla

Pemprov Kalteng

ASN Diajak Berani Lawan Korupsi