Home / Pemprov Kalteng

Selasa, 14 Maret 2023 - 14:45 WIB

Pemprov Kalteng Raih Penghargaan UHC Award 2023

Wapres RI Ma'ruf Amin saat menyerahkan penghargaan UHC Award 2023 kepada Wagub Kalteng Edy Pratowo di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023). ( Foto : MMC Kalteng)

Wapres RI Ma'ruf Amin saat menyerahkan penghargaan UHC Award 2023 kepada Wagub Kalteng Edy Pratowo di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023). ( Foto : MMC Kalteng)

JAKARTA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng  dibawah kepemimpinan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran kembali menorehkan prestasi membanggakan dikancah nasional.  Kali ini, Pemprov Kalteng meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan UHC ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH. Maruf Amin kepada Wakil Gubernur Kalteng bersama 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia di ajang Nasional bergengsi di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Kriteria yang diberikan penghargaan yakni Pemerintah Daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk dan yang sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah, sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

Baca Juga :  Korsleting Listrik, Rumah Warga Menteng Berkobar 

Wapres RI Maruf Amin dalam arahannya mengatakan, sebagai salah satu program strategis nasional sejak 2014, JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat di Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk mendapat perlindungan kesehatan yang memadai.

“Teruskan dukungan bersama untuk mencapai UHC yang ditargetkan RPJMN 2022-2024 yaitu sedikitnya 98 persen dari total populasi menjadi anggota JKN”, ujarnya.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengatakan, beragam inovasi dan pencapaian luar biasa yang telah diraih dalam Program JKN selama ini tidak lepas dari sinergi yang baik dari peran Gubernur, Bupati dan Walikota.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Gelar Pertemuan dengan Komisi I DPD RI

“Karena itu kegiatan penyerahan penghargaan hari ini sebagai bentuk apresiasi yang tulus dari pemerintah dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang telah menunjukkan kerja kerasnya dan menunjukkan kinerjanya yang luar biasa di dalam memberikan komitmen di dalam program JKN, khususnya yang 95 persen dari warganya telah terdaftar program JKN”,katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo seusai menerima penghargaan mengatakan, bahwa keberhasilan Pemprov Kalteng meraih penghargaan ini berkat kerjasama semua pihak yang terlibat. Ia berharap penghargaan ini memotivasi daerah agar meningkatkan kepesertaan perlindungan JKN, untuk menjamin dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kalteng. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Bertambah Dua Kabupaten di Kalteng Tertinggi Inflasi

Pemprov Kalteng

Ketua TP-PKK Kalteng Dorong Dasa Wisma Diaktifkan

DPRD Provinsi Kalteng

Dislutkan dan Komisi II DPRD Kalteng Kunjungi BBII Banjar

Pemprov Kalteng

Wagub Ajak Warga Peduli Sosial

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Terima Bantuan 50 Ribu Masker Gratis Dari Gubernur Kalteng

Metro Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalteng dan Wamen LHK Tinjau Lokasi Karhutla

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Gelar Workshop Uji Konsekuensi PPID

Metro Palangka Raya

Alat Pendeteksi Suhu Otomatis Tersedia di Bandara Tjilik Riwut