Home / Budaya/Wisata / Kapuas

Sabtu, 31 Desember 2022 - 07:17 WIB

Warga Pulau Kaladan Ritual Adat Mamapas Lewu

Warga Desa Pulau Kaladan saat menggelar ritual mamapas lewu di desa setempat, Jumat (30/12). (Foto : Sofyan/KaltengEkspres.com)

Warga Desa Pulau Kaladan saat menggelar ritual mamapas lewu di desa setempat, Jumat (30/12). (Foto : Sofyan/KaltengEkspres.com)

KUALA KAPUAS, Kaltengekspres.com – Warga Desa Pulau Kaladan Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas, Kalteng menggelar Ritual Adat Dayak Mamapas Lewu yang berlangsung selama dua hari dua malam, di mulai sejak Rabu 28 Desember dan selesaiĀ  Jum’at 30 Desember 2022.

Acara Mamapas Lewu yang merupakan acara membersihkan desa dari hal yang tidak baik atau tolak bala ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Pulau Kaladan Sugianto bersama dengan Ketua BPD beserta anggotanya, perangkat desa, ketua RT, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan juga Babinkamtibmas.

Baca Juga :  Begini Kronologis Kecelakaan di Sungai Sebangau

Kepala Desa Pulau Kaladan Sugianto mengatakan, bahwa acara tradisional seperti ini perlu diperhatikan dan dilestarikan karena merupakan acara adat tradisional Kalimantan Tengah yang turun temurun perlu dijaga jangan sampai punah.

“Saya berharap semoga dengan telah diadakannya ritual adat Mamapas lewu, dapat lebih meningkatkan lagi tali silaturahmi , mempererat rasa persaudaraan dan meningkat toleransi antar Umat beragama,” ujarnya, Jumat (30/12/2022).

Kades Pulau kaladan yang baru terpilih saat Pilkades serentak beberapa bulan lalu itu juga sangat berharap semoga Desa Pulau Kaladan selalu dalam keadaan damai, masyarakatnya hidup rukun, harmonis, saling bantu membantu, tidak ada lagi riak riak yang dapat merusak tali silaturahmi antar masyarakat.

Baca Juga :  Disambar Ertiga, Pemotor Tewas di tempat

“Kepada warga masyarakat Pulau Kaladan saya mengimbau agar di malam pergantian tahun baru nanti agar dapat bersama sama menjaga ketertiban masyakat serta menciptakan keamanan dan ketertiban. Jangan mengkonsumsi narkoba dan minuman keras, serta menjaga ketertiban berlalu lintas, tidak kebut kebutan yang dapat mengganggu dan membayakan pengendara lain,” pungkasnya. (sofyan)

Share :

Baca Juga

Kapuas

Anggota DPRD Minta Pemkab Kapuas Subsidi SPP Siswa

Kapuas

Orang Tua Siswa Keluhkan Pakaian dan Atribut Sekolah Belum Diterima

Kapuas

Warga Kapuas Ditemukan Tewas Mengapung

Kapuas

Kedapatan Bawa Sabu, Warga Kapuas Hulu Dibekuk Polisi

Kapuas

Pengedar Ribuan Obat Dextro Dibekuk Polisi

Kapuas

Ben Resmikan Beroperasinya Ambulans Desa Pulau Membulau

Kapuas

Lolos Seleksi Ketat, 65 Perangkat Desa Kecamatan Bataguh Dilantik

Kapuas

Bupati Lantik Direktur RSUD dan PDAM Bersama 32 Pejabat Administrasi