Home / Kotim

Selasa, 12 Juli 2022 - 21:33 WIB

Polisi Dalami Kasus Penipuan Oknum PNS Kotim

Ilustrasi net.

Ilustrasi net.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Anggota Polisi Sektor (Polsek) Ketapang terus mendalami kasus penipuan yang dilakukan oknum PNS Kotim berinisial RS (43), terhadap pegawai honorer di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim.

Setelah melakukan pemeriksaan secara intensif, penyidik mengungkap fakta baru atas penipuan yang dilakukan RS terhadap korbannya.

Dari hasil pemeriksaan oleh penyidik, RS telah membuat rekening bank dengan menggunakan identitas milik orang lain. Rekening bank itu rencananya dibuat untuk menipu korbannya.

”Jadi pelaku ini ada membuat rekening bank secara ilegal menggunakan identitas milik orang lain,” kata Kapolsek Ketapang Kompol Samsul Bahri, Selasa (12/7).

Karena dari pengakuan RS di depan penyidik, identitas yang digunakannya itu adalah milik seorang warga yang sebelumnya meminta bantuan kepada pihak Damkar untuk menangani hewan yang terjepit.

Baca Juga :  Lagi..Pengedar Zenith Sampit Dibekuk Polisi, Barbuk 113 Butir Diamankan

”Setelah berhasil menangani hewan kejepit, RS kemudian meminta KTP identitas pelapor. Dari situ lah, RS kemudian menggunakan identitas tersebut untuk membuat rekening secara ilegal,” bebernya.

Adapun cara RS membuat rekening tersebut yakni hanya dengan menitipkan foto KTP warga itu tadi kepada pihak security Bank milik BUMN yang ada di Jalan A Yani.

Dari situ, security kemudian menyerahkan kepada pihak teler bank. Tak lama, buku rekening atas nama Krisna Aditya pun telah dibuat dan dapat dipergunakan.

Baca Juga :  Bawa Kabur Truk Over Kredit, Pelaku Penipuan Ditangkap Polisi 

”Selanjutnya, baru lah pelaku mengirimkan nomor rekening yang baru dibuat itu kepada korbannya. Dan alhasil, korban pun mentransfer kepada pelaku sebesar Rp 15 juta,”ungkap Samsul.

Tak hanya RS, saat ini pihak penyidik Polsek Ketapang melayangkan surat panggilan terhadap pihak bank termasuk security yang terlibat membantu dalam pembuatan rekening tersebut.

Selain itu, kabarnya RS sudah cukup berpengalaman melakukan kejahatannya tersebut. Sebab, ia sudah berkali-kali membuat buku rekening dengan mengatasnamakan orang lain. (Ry/hm)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

Kotim

Danrem Tanam Pohon di Lokasi TMMD

Kotim

Warga Pulau Hanaut Bersyukur Hadirnya Program TMMD 

Kotim

Miris, Makam Dikelilingi Kebun Sawit PT KIU

Kotim

Mediasi Hingga Larut Malam, Sengketa Lahan Antara Warga Sebabi dan PT SSM Berakhir Kesepakatan

Kotim

Warga Tanjung Harapan Ditemukan Tewas Membusuk

Kotim

Kades Bapinang Hilir Sebut TMMD Membawa Dampak Luas

Kotim

Seruduk Mobil Innova, Pengendara Motor Nyaris Tewas

Kotim

10 Jam Terkurung, Pelaku Pencuri Sarang Walet Bersenpi Menyerahkan Diri