Home / DPRD Kota

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:40 WIB

Sigit Apresiasi Akreditasi Laboratorium Lingkungan

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com -Keberadaan Laboratorium Lingkungan dinilai sangat penting bagi pembangunan suatu daerah, khususnya bagi para pelaku usaha. Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi pelaku usaha dalam memantau keadaan lingkungan sekitar, dan memudahkan dalam pelaporan AMDAL.

Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto mengapresiasi atas terakreditasi Laboratorium (Lab) Lingkungan milik Pemerintah Kota Palangka Raya oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Menurutnya, dengan terakreditasi Lab lingkungan itu, maka warga dan pelaku usaha di Kota Palangka Raya, termasuk daerah – daerah kabupaten di Provinsi Kalteng, tidak perlu keluar Kalteng untuk menguji kualitas air.

Baca Juga :  Sukseskan Pilkada dengan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

“Iya, jadi masyarakat dan para pelaku usaha Kalteng bisa memanfaatkan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) laboratorium lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya,” kata Sigit, Jumat (27/5).

Pihaknya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya, terlebih saat ini di Kalimantan Tengah baru Kota Palangka Raya saja yang memiliki laboratorium lingkungan.

Selebihnya Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) ini mengungkapkan, dengan adanya lab lingkungan itu besar harapanannya tidak ada lagi alasan bahwa pelaku usaha sulit melakukan uji lab kualitas air.

Baca Juga :  Dewan Apresiasi Kunker Pemkot Palangka Raya ke Banjarmasin

Karenanya, para pelaku usaha harus kooperatif dan rutin melakukan pengujian sampel air atas limbah aktivitas usahanya, guna mencegah dampak buruk seperti rusaknya lingkungan.

“Para pelaku usaha harus melakukan uji lab untuk mengetahui kadar air hasil aktivitas usahanya. Apabila di nilai berbahaya maka DLH dan instansi terkait bisa melakukan pendampingan,” pungkasnya. (via)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Komitmen Perjuangan Perda Karhutla

DPRD Kota

Dewan Dorong Pembinaan UMKM Sektor Perikanan

DPRD Kota

Kebut Capaian Vaksinasi Booster 

DPRD Kota

Protokol Kesehatan Wajib Diterapkan Para Pelaku Usaha

DPRD Kota

Dewan Sampaikan Sejumlah Rekomendasi

DPRD Kota

Ketua DPRD Kota Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan Umat Beragama

DPRD Kota

Dinas Pariwisata Diminta Aktif Sosialisasikan Tempat Wisata

DPRD Kota

Vaksinasi Anak Perlu Disaat PTM