Home / Kobar

Selasa, 15 Februari 2022 - 20:54 WIB

Selama Pandemi, Hotel Wisata Sepi Pengunjung

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Selama masa pandemi covid-19, hotel wisata di Desa Sungai Sekonyer, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat sepi pengungjung. Kondisi ini berdampak dengan dipangkasnya gaji karyawan sebesar 50 persen.

Seperti yang diberlakukan salah satu hotel di desa Sekonyer. Hotel Rimba Orangutan Eco Lodge di kawasan destinasi wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), terlihat sepi seperti tidak ada penghuninya.

Untuk dapat menjangkau kawasan ini memakan waktu tiga jam perjalanan menggunakan klotok menyusuri Sungai Sekonyer dari Dermaga TNTP Kumai.

Baca Juga :  DPRD Setuju Sekolah di Kobar Diliburkan dengan Syarat

Menurut salah karyawan hotel Bagian Keuangan, Bhoneka kristiani, sejak adanya pandemi hotel ini sangat merasakan dampaknya.

Dari 21 karyawan, kini hanya tinggal 7 orang karyawan, sedangkan lainya dirumahkan, selama dua tahun terakhir ini, gaji ke tujuh orang karyawan tersebut hanya dibayar 50 persen, ucapnya.

“Hal ini sesuai dari gaji normal masing-masing karyawan, pemotongan gaji di sebabkan dari dampak pandemi covid-19 yang tidak kunjung usai,ā€¯ungkap Kristian.

Hotel ini 95 persen mengharapkan Wisatawan Negara Asing (WNA), sejak 2 tahun terakhir hingga saat ini tidak ada pengunjung, meskipun ada, hanya sekedar singgah, dan itupun tidak ada yang tinggal atau sewa ruangan untuk menginap, jelasnya.

Baca Juga :  Besok, KPU Kobar Bakal Gelar Rekapitulasi Surat Suara

Lanjut Bhoneka, konstruksi bangunan di kawasan wisata ini banyak yang rapuh, dan ini perlu renovasi ulang yang menelan biaya cukup besar.

Para karyawan berharap pandemi covid-19 cepat berlalu, dan kondisi industri wisata cepat pulih, sehingga karyawan yang dirumahkan dapat bekerja kembali. (yr)

Share :

Baca Juga

Kobar

Buang Sampah Sembarangan, IRT Nyaris Ditangkap Warga

Kobar

Terjebak Lumpur, IRT Melahirkan di Mobil

Kobar

Polisi Bekuk Empat Komplotan Pencuri 27 Ekor Sapi Milik PT GSPP

Hukum Kriminal

Ngebut, Pelajar Tabrak Pejalan Kaki Hingga Terkapar

Kobar

Cegah Kematian Ibu Melahirkan, Dinkes Kobar Beri Refreshing 150 Bidan Se-Kobar

Hukum Kriminal

Polsek Arsel Bagikan Paket Sembako

Kobar

Belasan PSK di Kecamatan Kolam Diciduk Satpol PP

Kobar

Dua Pengedar Sabu Satu Jaringan Diringkus Polisi