Home / Kotim

Senin, 8 November 2021 - 14:38 WIB

Sedot CPO, Tiga Sopir Truk Diringkus Polisi

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Ulah tiga orang sopir truk CPO bernama Hari, Wahkijan dan Abdul Rasid sungguh keterlaluan. Diberi kepercayaan bekarja sebagai sopir truk CPO malah menyelewengkan minyak CPO milik PT. Santrindo Jaya Agropalma tempat mereka bekerja.

Ketiganya nekat menyedot minyak CPO di dalam tangki truk yang dibawanya masing-masing untuk dijual kepada orang lain, Selasa (19/10/2021) lalu. Masing-masing CPO yang mereka sedot ini sebanyak 300 kilogram (kg) oleh Hari, dan 260 kg Wahkijan, serta 370 kg oleh Abdul Rasid. Sehingga perusahaan mengalami kerugian total 930 kg CPO.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kapolsek Mentaya Hulu Ipda Suwardi mengatakan, kejadian ini berawal saat ketiganya mengangkut CPO menggunakan truk Hino dari Kuayan Mil PT AKPL Kelurahan Kuala Kuayan Kecamatan Mentaya Hulu, untuk dibawa ke Bagendang, Selasa (19/10) lalu, sekira pukul 19.00 WIB.

Saat dalam perjalanan tepatnya di KM 14 Jalan Jendral Sudirman ketiganya ini berhenti dan menyedot minyak dari dalam tangki truk yang mereka bawa dengan cara membuka pipa kran yang sudah dibuat sebelumnya oleh ketiga pelaku ini kemudian diselipkan dibawah tangki agar tersembunyi.

Baca Juga :  Belasan Rumah di Komplek Mendawai Ludes Terbakar

Ketiganya ini masing-masing menyedot Hari sebayak 300 kg, Wahkijan 260 kg, dan Abdul Rasid 370 kg. Setelah itu, minyak CPO ini mereka bawa ke rumahnya masing-masing untuk dijual. Sementara sisa minyak yang berada di dalam tangki dibawa ke Bagendang untuk dibongkar di Balking setempat.

Baca Juga :  6 Orang Pelaku Pembunuhan Anggota Polisi Diringkus

“Kasus penggelapan ini terungkap saat pihak perusahaan curiga dengan jumlah CPO yang berkurang saat dibongkar. Menyelidiki kekurangan ini perusahaan mencurigai ketiga sopir tersebut sehingga melaporkan kasus ke Mapolsek Mentaya Hulu. Menindaklanjuti laporan ini, kita langsung mengamankan ketiga sopir ini untuk diperiksa sekaligus mempertanggungjawabkan perbuatannya,”ungkap Suwardi, Senin (8/11/2021).

Atas perbuatannya ini, ketiga pelaku dikenakan Pasal 374 KUH Pidana Jo Pasal 55 Ayat ( 1) ke 1 KUHP tentang penyalahgunaan jabatan/pekerjaan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (Ry/hm)

Share :

Baca Juga

Kotim

Tragis, Pemotor Tewas Menabrak Belakang Truk

Kotim

Laka Karambol Nyaris Rengut Korban Jiwa

Kotim

Sopir Truk CPO Tewas Mendadak

Kotim

Turun dari Pesawat, Kurir Sabu Diringkus BNNP Kalteng

Kotim

Satgas TMMD Bersama Warga Bongkar Jembatan Desa Babirah

Kotim

TMMD, Bentuk Pembuktian Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Kotim

PWI Kotim Lapor Oknum Pelaku Intimidasi Wartawan ke Polisi

Kotim

Dipicu Dendam, Seorang Pria Membakar Toko dan Rumah Warga Jaya Karet