Home / Nasional

Kamis, 11 November 2021 - 22:27 WIB

Penyelundupan 158 Kg Ganja Digagalkan

BLANGKEJEREN, KaltengEkspres.com – Anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Gayo Lues berhasil mengungkap kasus penyelundupan ganja dalam jumlah besar.

Kali ini pelaku yang ditangkap  tiga orang berinisial KH (47) warga Desa Kuta Baro, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan. Selanjutnya RA (36) warga Desa Padang Terangun, Kecamatan Terangun, Kabupaten Gayo Lues, dan BU (29) warga Desa Palok, Kecamatan Blangkejeren.

Ketiganya ini diringkus karena kedapatan membawa sebanyak 158 kilogram ganja kering dalam perjalanan menuju Medan melalui jalur Terangun-Abdya.

Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam mengatakan, tiga orang yang ditangkap pada hari Rabu tanggal 3 November 2021 lalu, sekira pukul 21.00 WIB. Berasal saat anggota Satresnarkoba mendapat informasi akan ada satu unit mobil melintas melalui jalur darat Terangun-Abdya.

“Menindaklanjuti itu, anggota melakukan operasi tertutup di Desa Jabo, Terangun jalan lintas Gayo Lues-Abdya pukul 22.30 WIB,” terang Kapolres Gayo Lues dalam konferensi pers di Mapolres Gayo Lues, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga :  Polda Sumut Gagalkan Penyelundupan 50 Kg Sabu

Selanjutnya, sekira pukul 03:00 WIB pada Kamis tanggal 4 November, anggota Satresnarkoba menghentikan satu unit mobil Avanza warna hitam yang sangat mencurigakan, setelah digeledah, ternyata di dalamnya berisi ganja kering sebanyak 6 goni yang berisi 158 bal atau 158 kilogram.

“Kemudian sopirnya berhasil kita amankan yaitu berinisial KH. Dari hasil pengembangan, KH mengaku bahwa ia disuruh oleh seseorang bernama Pelita yang saat ini sedang berada di LP Meulaboh sedang menjalani hukuman tindak pidana narkotika, dan dari keterangan KH, Pelita disuruh RA sesuai dengan nomor Handphone yang diberikan Pelita kepada KH untuk dihubungi,” jelas Kapolres.

Setelah dilakukan pengembangan, anggota Satres Narkoba memancing RH dengan cara menyuruh tersangka KH yang telah ditangkap untuk menghubungi RA dengan cara mengatakan bahwa ban mobil yang mengangkut ganja tersebut pecah.

Baca Juga :  Disergap Polisi, Bandar Sabu Sempat Buang Barbuk ke WC 

“Pada pukul 03.30 WIB, RA datang kejalan Jabo, Kecamatan Terangun dengan mengendarai sepeda motor, dan berhasil ditangkap. Dari keterangan RH, ia disuruh oleh BU mencarikan mobil yang bisa mengangkut ganja dari desa Palok, Kecamatan Blangkejeren menuju Medan-Sumatera Utara,”papar Kapolres.

Selanjutnya anggota Satres Narkoba melakukan penyelidikan kembali terhadap BU, dan dilakukan penangkapan pada hari Kamis pukul 07:00 WIB di rumahnya Desa Palok. Dari hasil pemeriksaan terhadap BU, ia mengaku disuruh oleh seseorang yang bernama Tok Haikal warga Agusen yang saat ini masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Atas perbuatannya, ketiga orang tersangka ini diancam dengan pasal 115 Ayat (2) Jp pasal 111 ayat (2) Jo pasal 132 Ayat (2) UU. RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal lima tahun penjara maksimal 20 tahun atau seumur hidup. (as)

Share :

Baca Juga

Nasional

Lagi, Polisi Gagalkan Pengiriman 200 Kg Ganja Aceh ke Jakarta

Nasional

Pemerintah Tolak Sahkan KLB Kubu Moeldoko

Nasional

Mantap! Tanggapi Laporan Warga Desa Patai, Komisi IV DPR RI Langsung Agendakan RDP

Nasional

Usai Diperiksa, Pengacara Djoko Tjandra Langsung Ditahan Polisi

Nasional

Polda Sulteng Ungkap Kasus Pencucian Uang

Nasional

Polisi Tangkap Penjual Rapid Antigen Ilegal

Nasional

KPK Kembali Sentil Kasus Bupati Kotim

Nasional

Ini Sosok Pahlawan Kesehatan Indonesia