Home / DPRD Provinsi Kalteng

Kamis, 25 November 2021 - 22:38 WIB

Masyarakat Terdampak Bencana Perlu Direlokasi

Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawati Darland Atjeh

Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawati Darland Atjeh

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawati Darland Atjeh mengatakan untuk mencegah potensi bencana jangka pendek, yang perlu dilakukan pemerintah adalah merelokasi warga dari pemukiman rawan bencana. Sehingga masyarakat yang sebelumnya tinggal di daerah rawan bencana bisa pindah ke tempat yang lebih aman.

“Relokasi ini memang membutuhkan perencanaan dan anggaran yang cukup besar. Namun ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari bencana yang terjadi setiap tahunnya. Salah satunya seperti banjir yang terjadi di pemukiman warga tepi sungai,”ungkap Faridawati, Kamis (25/11/2021).

Salah satunya lanjut Faridawati, seperti di Desa Tumbang Miwan, Kabupaten Gumas. Wilayah itu rawan terjadinya bencana longsor, sehingga masyarakat meminta adanya program relokasi ketempat yang lebih aman terhadap kurang lebih 1.500 jiwa yang tinggal di desa tersebut.

Selain itu bencana banjir yang terjadi di sejumlah daerah di Kalteng seperti di Kabupaten Katingan dan Palangka Raya. Masyarakat yang terdampak ini rata-rata tinggal di kawasan bantaran sungai.

“Untuk itu lah, pemerintah harus mempertimbangkan ini ke depan. Sehingga ada solusi bagi masyarakat yang rutin setiap tahunnya mengalami musibah bencana,”ujarnya. (as/hm)
Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Gedung Lama PT. Bank Kalteng Harus Tetap Dimanfaatkan

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kalteng Gelar Rapat Paripurna, Ini Agenda Yang Dibahas

DPRD Provinsi Kalteng

Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Sebagai Energi Terbarukan Disambut Baik DPRD

DPRD Provinsi Kalteng

PLTU Bagendang Diharapkan Dapat Segera Beroperasional

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Dorong Solusi Bagi Petani Kalteng

DPRD Provinsi Kalteng

Petani Tiga Desa Harapkan Infrastruktur Sentra Pertanian

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Kabupaten Batola Kunker ke DPRD Kalteng

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Dua Kabupaten Inginkan Sarana Air Bersih