Home / DPRD Barito Selatan

Kamis, 10 Juni 2021 - 16:44 WIB

DPRD Barsel Minta Desa Lebih Inovatif Kembangkan Potensi

Buntok,KaltengEkspres.com – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ahmad Jumadi meminta kepada desa di wilayah Barsel untuk lebih inovatif dalam mengembangkan potensi desa.

Ahmad Jumadi menyebutkan sejauh ini masih sedikit desa di daerah itu yang masih aktif menggali dan mengembangkan potensi desa dengan anggaran yang sudah ada dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

“Sebab, kucuran ADD dan DD ini tidak bisa dipastikan apakah akan selamanya dan terus berlanjut nantinya. Jika terhenti desa yang tidak bisa mencari uang sendiri dipastikan pembangunan akan stagnan,” jelasnya, Kamis(10/6/2021).

Baca Juga :  Polres Barsel Sambangi dan Bantu Warga Korban Banjir

Ia berharap agar pihak pemerintahan desa untuk bisa meningkatkan kinerja dalam hal mencari terobosan baru agar ada meningkatkan pendapatan desa. “Meski sudah ada yang melalui BUMDes namun diperkirakan masih sedikit,” kata dia.

Sebab tambahnya, desa yang ada di wilayah Barsel ini sekitar 76 desa. Anggaran saat ini dinilai tidak sedikit dan mampu untuk mengembangkan program yang bisa menghasilkan pendapatan bagi desa. “Sebab, masih banyak sektor bisa digarap, misalnya saja disektor koperasi simpan pinjam, UMKM, pertanian, perkebunan dan lain sebagainya,” paparnya.

Baca Juga :  DPRD Barsel Apresiasi Polres Atas Pemusnahan Barbuk Sabu

Lebih lanjut politisi PKB ini, saat sekarang ini desa dinilai masih mengandalkan alokasi dana desa dan dana desa. “Padahal, lihat saja masih banyak sektor yang bisa digali agar desa tersebut ke depannya bisa mandiri dan mampu menghasilkan pendapatan sendiri dari potensi yang ada di desa,” ucapnya.

“Jangan sampai ADD dan DD itu fokus dan habis untuk proyek-proyek fisik saja dan tidak pernah memikirkan untuk membangun sektor yang mampu menjadi mesin pendapatan bagi desa itu sendiri,” pungkasnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Posko Pantau Covid-19 di Barsel Perlu Ditambah

DPRD Barito Selatan

Ketua DPRD Prihatin Barsel Jadi Zona Merah Covid-19

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta Perketat Pintu Masuk Daerah

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Sampaikan Hasil Reses Tiap Dapil 

DPRD Barito Selatan

Anggota DPRD Barsel Ini, Sambangi Pos Pantau Covid-19

DPRD Barito Selatan

Masih Banyak Warga Miskin Tak Menikmati BPJS

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Kunker Ke KPU Kalteng

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Sarankan Penempatan Pejabat Sesuai Kompetensi dan Profesional
error: Content is protected !!