Home / Katingan

Kamis, 7 Januari 2021 - 19:36 WIB

Dipicu Sakit Hati, Fatimah Dihabisi Suami dan Kerabatnya

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah saat mengintrogasi kedua pelaku Kamis (7/1/2021).

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah saat mengintrogasi kedua pelaku Kamis (7/1/2021).

KASONGAN,KaltengEkspres.com – Polisi Resort (Polres) Katingan berhasil mengungkap tuntas kasus pembunuhan terhadap seorang wanita bernama Fatimah Nikin (58) karyawan perusahaan PT. Bumi Hutan Lestari (BHL) yang ditemukan tewas di kebun sawit Desa Mirah Kalanaman, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, pada Rabu (23/12/2020) lalu.

Dari hasil penyelidikan terungkap dua pelaku pembunuhan berinisial MN (45) yang merupakan suami korban dan YK (35) kerabatnya. Pembunuhan ini dipicu sakit hati suaminya tersebut kepada korban.

Kapolres Katingan, AKBP Andri Siswan Anyah mengatakan, dari hasil penyelidikan serta pengembangan didapati dua tersangka berinisial YK (31) dan MN (45). Tersangka YK ini merupakan kerabat korban dan tersangka MN suami korban sendiri. Pemicu pembunuhan itu lantaran pelaku MN sakit hati dalam urusan rumah tangganya.

“Jadi pelaku MN sakit hati terhadap korban, lantaran emosi atas prilaku korban. Ia kemudian meminta kerabatnya YK untuk membunuh korban. Pembunuhan ini telah direncakan oleh kedua tersangka,” kata Kapolres di hadapan sejumlah awak media saat konferensi pers, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga :  Ngeri!! Ribuan Obat Terlarang Dimusnahkan di Katingan

Kapolres mengungkapkan, saat melakukan aksinya, tersangka YK berjalan kaki dari rumahnya menuju TKP, kemudian langsung memukul korban sebanyak empat kali menggunakan kayu mengenai kepala korban yang saat itu sedang beristirahat di kebun sawit.

“Setelah melakukan pembunuhan, pelaku menghilangkan barang bukti berupa kayu dan menyeret korban dengan cara ditimbun dengan pelepah daun kelapa sawit. Pelaku kemudian berpura-pura seolah-olah tidak melakukan perbuatan, namun dari hasil lidik akhirnya mengarah kepada pelaku dan langsung diamankan petugas,” jelas Kapolres.

Korban ditemukan oleh karyawan perusahaan, Kamis (24/12/2020) pagi, saat dilakukan pencarian dikarenakan tak kunjung pulang. Satelah dilakukan penyelidikan akhirnya tersangka YK berhasil diamankan saat melakukan pelariannya di Pasar Minggu, Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanbu, Provinsi Kalsel.

Baca Juga :  Polisi Tangkap 8 Orang Pelaku Penganiayaan Remaja Cempaga

“Berdasarkan olah TKP dan pemeriksaan, yang mengarah ke tersangka, dimana dirinya memukul korban sampai meninggal dunia, selain menggasak uang korban sebanyak Rp. 10 juta 40 ribu, bejatnya juga menyetubuhi korban yang sudah tidak berdaya,” papar Kapolres.

Dari hasil pengembangan terhadap pelaku YK ini terungkap bahwa otak pembunuhan ini tidak lain suami korban yang telah kabur terlebih dahulu ke Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Atas perbuatan tersebut, pelaku dikenakan pasal berlapis yakni, pasal 340 KUHP Jo pasal 55 ayat (1) subsider Pasal 338 KUHP Jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP tentang pembunuhan berencana dan penganiayaan yang mengakibatkan hilangnya nyawa.

Juga pasal 365 ayat (3) KUHP tentang pencurian yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain serta pasal 285 KUHP tentang pemerkosaan dengan ancaman hukuman terhadap keduanya 20 tahun penjara sampai seumur hidup. (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Deklarasikan Diri, Kabupaten Katingan Menuju KLA

Katingan

Mobil AWC Polres Katingan Semprot Disinfektan di Ruas Jalan Desa Hampalit

Katingan

DPRD Katingan Bakal Bentuk Pansus

Katingan

Polres Musnahkan Barbuk Sabu Hasil Tangkapan Dua Bulan

Katingan

Polres Katingan Evakuasi Temuan Mayat di DAS Katingan

Katingan

Bacok Adik Ipar, Warga Katingan Kuala Ditangkap Polisi

Katingan

Polres Katingan Sosialisasi 7 Road Safety

Katingan

BNK Katingan Sosialisasi Rehabilitasi Pecandu Narkoba
error: Content is protected !!