Home / Gunung Mas / Hukum Kriminal

Selasa, 29 Desember 2020 - 16:38 WIB

Selama 2020, Kasus Kriminalitas Meningkat di Polres Gumas

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, Kabag Ops AKP Aries N Ishak, Kasat Reskrim AKP Afif Hasan dan Kasat Narkoba Ipda Budi Utomo sedang menunjukan barbuk hasil sitaan di halaman Mako Polres setempat, Selasa (29/12/2020). Foto : Ist

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, Kabag Ops AKP Aries N Ishak, Kasat Reskrim AKP Afif Hasan dan Kasat Narkoba Ipda Budi Utomo sedang menunjukan barbuk hasil sitaan di halaman Mako Polres setempat, Selasa (29/12/2020). Foto : Ist

KUALA KURUN, KaltengEkspres.com – Jumlah kasus yang ditangani Kepolisian Resor (Polres) Gunung Mas (Gumas) jajaran Polda Kalteng, selama tahun 2020, untuk data kriminalitas sebanyak 84 jumlah tindak pidana (JTP). Jika dibandingkan tahun 2019 ada 65 JTP terjadi kenaikan.

“Dapat kita jelaskannya kepada rekan-rekan, terkait data kriminalitas atau JTP ada kenaikan artinya sekitar 12 persen atau sebanyak 84, penyelesaiannya sendiri ada 68 kasus dan tindak pidana narkoba sebanyak 33 TP artinya ada kenaikan ditahun 2019 yang hanya 15 TP, jadi naik sekitar 120 persen, dan selesainya hanya 25 kasus,” sebut AKBP Rudi Asriman saat pres release, Selasa (29/12/2020).

Dilanjutkan Kapolres, perkara yang trend atau menonjol yang terjadi di tahun 2020 ini, kasus yang pertama penganiayaan ada tujuh perkara, penemuan mayat lima kasus. Sedangkan, perkara kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ada empat kasus, untuk pencurian ada sebanyak tiga kasus.

Baca Juga :  Polda Kalteng Gelar Apel Gabungan Penanganan Karhutla

“Kalau LP terakhir terkait untuk pencurian yang sedang kita tangani yaitu di wilayah Kecamatan Mihing Raya di Toko HP Kelurahan Kampuri jalan lintas provinsi, kejadiannya hari Kamis (7/12/2020) ini, pelakunya sudah kita ungkap tersangka ada tiga orang, berserta barbuknya dari mereka ini salah satunya anak-anak,” ujar Kapolres.

Sedangkan terkait data narkoba sendiri yang sudah diamankan sebanyak 364 paket yang diduga sabu. Dengan berat kotor 602,53 gram, berat bersih 512,03 gram, sedangkan kalau harga di pasar sekitar satu gram diperkirakan Rp 2 juta, apabila diakomulasikan hasil penangkapan itu, kurang lebih Rp.1 Miliar.

Baca Juga :  Satlantas Polresta Palangka Raya Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

“Kalau terkait kasus narkoba untuk pelaku yang diamankan laki-laki sebanyak 38 orang, perempuan ada lima orang,” bebernya.

Pria lulusan alumni Akpol tahun 2000 ini menambahkan, kalau proses anev berlalu lintas di wilkum Polres Gumas terdapat ada sebanyak 24 kejadian kecelakaan. Sementara di tahun 2019 hanya ada 14 kasus, jadi ada kenaikan sebanyak 71 persen untuk lakalantas.

“Kalau kasus lakalantas ini yang meninggal ada 12 korban, jadi yang terselesaikan ada 9 perkara dari kejadian ini, korban luka ringan ada 30 orang, kerugian materilnya sebanyak Rp.197 juta,” pungkasnya.  (red)

 

Share :

Baca Juga

Gunung Mas

Sadis! Dipukuli Dengan Kayu Warga di Gunung Mas Tewas, 13 Jam Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi

Hukum Kriminal

Astaga!! Lahan Kosong Terbakar

Gunung Mas

Jual 8 Paket Sabu, Wanita Paruh Baya Diringkus Polisi

Hukum Kriminal

Waspadai Masuknya Virus, Ditjen P2P Kemenkes RI Gelar Simulasi

Hukum Kriminal

Mabuk, Pengemudi Ojol Jatuh dan Tergeletak di Pinggir Jalan

Hukum Kriminal

Kuat Dugaan Reno Tewas Akibat OD

Hukum Kriminal

Hantam Pembatas Jembatan, Truk Nyaris Terjun Bebas

Hukum Kriminal

Geger, Pria Mabuk Setengah Telanjang Masuk ke dalam Rumah Warga
error: Content is protected !!