Home / Kapuas

Rabu, 1 Juli 2020 - 15:15 WIB

Panitia Pemilihan BPD Tatas Hilir Dipermasalahkan

Kuala Kapuas,KaltengEkspres.com – Beberapa warga Desa Tatas Hilir Kecamatan Pulau Petak menunding bahwa proses pembentukan Panitia Pemilihan Badan Perwakilan Desa (BPD) dianggap tidak terbuka sehingga memunculkan permasalahan.

“Kami hanya meminta keterbukaan pihak Pemerintah Desa, mulai dari rekrut calon Panitia hingga proses pemilihan calon anggota BPD Tatas Hilir ” ujar perwakilan salah satu warga setempat, Notris M. Gohong sambil menyerahkan berkas keberatan kepada Camat Pulau Petak, Selasa (30/6/2020).

Dikatakannya bahwa tahapan penjaringan sesuai dengan ketentuan sempat dilakukan melalui Pejabat Kades Tatas Hilir, Pahmi di tahun 2019.
Akan tetapi, saat itu Ketua Panitia Pemilihan BPD Sei Tatas Hilir mengundurkan diri karena ada keterlibatan dengan partai.

“Saat itu pendaftar sebanyak 20 orang termasuk saya sendiri, namun
entah bagaimana ceritanya, sehingga diduga akibat mundurnya Duman tersebut pelaksanaan pemilihan anggota BPD Sei Tatas Hilir tidak berlanjut lagi,” bebernya.

Baca Juga :  Koramil Kahayan Kuala Sosialisasi Keamanan Vaksin

“Namun yang anenya, tiba-tiba, sekarang sudah terbentuk Panitia Pemilihan BPD, dan sudah berproses tahapannya pada undangan pemilihan untuk pengisiaan anggota BPD tersebut ditanda tangani oleh Ketua Pemilihan BPD atas nama Jhon Averin Anggen” jelas Notris.

Ditempat yang sama, Kades Sei Tatas Hilir, Ependi menjelaskan bahwa pada saat pemilihan panitia yang menghasilkan Duman sebagai ketua saat itu dirinya masih belum dilantik.

“Pelaksanaan dan pembentukan Panitia Pemilihan BPD saat itu, dilakukan oleh Pj. Fahmi” jelas Ependi.
Kemudian terkait, pembentukan panitia yang baru, sebelumnya kami melakukan konsultasi dengan pihak Kecamatan dan pendamping Desa,” katanya.

Baca Juga :  Enam Pelaku Pembunuh Fadli Rahman Dibekuk Polisi

Sementara untuk berkas mereka yang sempat mendaftar sebagai calon anggota BPD Sei Tatas Hilir, masih bisa digunakan dengan beberapa bagian perlu diperbaiki sebagaimana mestinya.

“Yang jelas, semua pelaksanaan proses mulai penjaringan, pembentukan Panitia Pemilihan, sampai proses tahapan pemilihan calon BPD dianggap sudah sesuai dengan ketentuan berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Pulau Petak, Saflihi meminta kepada pihak yang keberatan tersebut silakan melakukan upaya hukum yang berlaku.

“Saya memberikan apresiasi kepada warga yang kritisi tersebut, namun berharap juga jangan sampai mengganggu proses pemilihan BPD selama sesuai dengan ketentuan berlaku.” Tandasnya.(yan/rif).

Share :

Baca Juga

Kapuas

Pelaku Curanmor Kapuas Digulung Polisi

Kapuas

Pemilik Lahan Pasang Hinting Pali di PT KSS Kapuas

Kapuas

Pemkab Kapuas Mediasi Sangketa Lahan PT KSS dan Masyarakat Desa Pantai

Kapuas

Pemeriksaan di Pos Perbatasan Kalselteng Diintensifkan

Kapuas

Korsleting Listrik, Rumah Warga Pujon Diamuk Jago Merah

Kapuas

Wabup Hadiri Pengukuhan Pengurus PBWI Kapuas

Kapuas

KPID Kalteng Kunjungi Diskominfo Kapuas

Kapuas

Tabrak Tiang Telpon, Pengendara Motor Tewas Terkapar