Home / Pemkab Katingan

Jumat, 12 Juni 2020 - 15:13 WIB

Awal Juni Ada 5 Titik Api, Setelah Dicek Ternyata Hasil Pembakaran Serbuk Gergaji

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Wilayah Kabupaten Katingan sempat terpantau dari satelit ada 5 titik api atau hot spot pada awal bulan Juni 2020.

“Memang ada 5 titik api terpantau di Katingan, namun setelah dilakulan grond cek ternyata sisa pembakaran serbuk gergaji di sebuah sawmil di bagian Utara Katingan dan diwilayah Kotim berbatasan dengan Katingan didesa Pantai Harapan semak belukar terbakar dibeberapa titik sekitar 2-3 hektare yang di bakar oleh para pendulang di sana,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan, Eka Suryadilaga kepada KaltengEkspres.com di Kasongan, Jumat (12/6/2020).

Disampaikannya, berdasarkan perkiraan badan meteorolgi dan geofisika (BMG) musim kemarau akan tiba pada pertengahan bulan Juli atau pada akhir bulan Juli, dan berdasarkan hasil video konfrence (vikon) dengan pihak provinsi Kalteng ,bahwa tahun ini kemarau basah artinya masih ada hujan saat terjadi kemarau.

Baca Juga :  Katingan Buka Pendaftaran CPNS 2021, Ini Formasi Dibutuhkan¬†

“Untuk itu perlu waspada, jangan bermain api karena resikonya kabut asap dan penindakan tegas oleh petugas hukum bagi pembakar lahan dengan sengaja,” ucapnya.

Disampaikan, apabila ingin berkontribusi untuk pangan, dengan pembukaan lahan tentunya tak perlu bakar lahan, gunakan alat pertanian yang telah dibagikan.Kemudian bagi lahan tidur yang ada, agar dimanfaatkan,karena mumpung masih ada hujan tentunya kesempatan memnersihkan lahan, dan apabila masuk musim kemarau maka lahan sudah bersih dan aman dari kabakaran hutan dan lahan (karhutla).

Baca Juga :  Sekda Katingan Terima Kunker Komisi III DPRD Kalteng

Diakuinya saat ini pihak BPBD termasuk satuan tugas TNI, Polri, Satpol-PP di satuan kebencanaan sudah siap. Selain itu pihaknya juga telah mengirim surat kepihak Kecamatan untuk mengaktifkan satuan tugas di tingkat Kelurahan dan Desa.

“Khusus di satuan tugas di Kelurahan dan Desa telah terbit Perbup Nomor 19 tahun 2020 tentang juknis satuan tugas kebencanaan dimana kelurahan dengan desa diperbolehkan mengunakan dana mereka penanganan karhutla,” ucapnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Empat Orang Binaan LPTQ Katingan Wakili Kalteng Ditingkat Nasional 

Katingan

Dihimbau Pemilik Toko dan RM Sediakan Tempat Cuci Tangan

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Yakin Ibu Kota RI Pindah ke Kalteng

Katingan

KONI Katingan Peduli Covid-19, Bagikan Paket Sembako

Pemkab Katingan

Bupati Buka Kegiatan Fasilitasi dan Penggelolaan Dana Desa

Pemkab Katingan

Bupati Lantik 25 Kades Terpilih di Kecamatan Katingan Hulu

Pemkab Katingan

Bupati Terima Bantuan Masker dan APD Dari PBS

Pemkab Katingan

Pemkab Katingan Ikuti Apel Siaga Karhutla
error: Content is protected !!