Home / DPRD Barito Selatan

Selasa, 30 Juni 2020 - 12:38 WIB

Anggota DPRD Barsel Ini Minta Warga Waspada Banjir

Buntok,Kalteng Ekspres.com – Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Akhmad Jumadi SM, mengimbau kepada masyarakat setempat, agar selalu waspada terhadap banjir kiriman yang hampir terjadi pada setiap tahun di musin penghujan.

Hal ini, menurut politisi PKB itu, guna mengantisipasi dampak terburuk dari kemungkinan bencana alam yang akan terjadi. Apalagi, sebagaimana diketahui, Barsel merupakan salah satu kabupaten di tepian DAS Barito yang hampir setiap musim penghujan menjadi langganan banjir, terutama banjir kiriman dari wiayah hulu sungai yang bermuara di Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu.

“Kita minta masyarakat waspada, karena banjir bisa datang dari daerah Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara, setiap musim penghujan seperti saat ini,” pesan Akhmad Jumadi SM saat dibincang Kalteng Ekspres.com, Selasa (30/6/2020).

Baca Juga :  DPRD Barsel Minta Nasib Guru Honorer Diperhatikan

Ia membeberkan, daerah yang terletak di sepanjang aliran sungai Barito rentan mengalami banjir. Pasalnya setiap tahun jika memasuki musim penghujan, maka dapat dipastikan debit air di sungai naik dan tentunya juga akan menimbulkan banjir. Ditambah lagi, kalau hujan terus menerus mengguyur di daerah hulu, seperti Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya.

“Maka otomatis banjir kiriman pun akan menghantui daerah yang ada di bawahnya, seperti wilayah kita beserta lima kecamatan yang lokasinya di aliran Sungai Barito,” katanya.

Baca Juga :  DPRD Kritisi Anggaran Pemulihan Ekonomi Yang Sangat Rendah

Dengan kondisi alam seperti saat ini, dirinya mengharapkan masyarakat yang bermukim di pinggiran Sungai Barito, untuk selalu waspada akan terjadinya banjir kiriman tersebut. Sekali lagi ia mengimbau, masyarakat untuk berhati-hati ketika terjadi banjir seperti saat ini, terutama terhadap anak-anak guna menghindari timbulnya korban jiwa.

“Kita juga meminta kepada pemerintah daerah dan  pihak terkait  lainnya agar selalu siaga apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sehingga dapat meminimalisir kerugian ataupun korban,” pungkasnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Dua Anggota DPRD Barsel Reses di Kecamatan GBA dan Dusun Utara

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta Pemkab Segera Jalankan Perda Yang Sudah Ada

DPRD Barito Selatan

Komparasi Terkait Raperda, DPRD Tapin Kunjungan Kerja Ke DPRD Barsel 

DPRD Barito Selatan

Putri Siti Rohmawati Minta OPD Dalami Hasil Reses DPRD Barsel

DPRD Barito Selatan

Ketua DPRD Sayangkan Lemahnya Data Bansos di Barsel

DPRD Barito Selatan

DPRD Ingatkan Pemkab Realisasi Serapan APBD Barsel 2021

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta Kewaspadaan Tinggi Hadapi Bencana

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Sarankan Program Peningkatan Kreatifitas Pemuda Terus Dilaksanakan