Home / DPRD Kota

Jumat, 3 April 2020 - 21:37 WIB

Rawan Korsleting, Dewan Dorong Peremajaan Kabel Listrik

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Kerap kali musibah kebakaran yang terjadi diakibatkan karena hubungan arus pendek listrik yang korsleting. Hal ini ditambah dengan banyaknya instalasi dan kabel listrik yang terkesan semrawut, utamanya pada kawasan padat penduduk maupun pada sejumlah kawasan objek vital.

Kondisi ini menuai sorotan dari Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto. Sigit meminta pihak terkait seperti PLN untuk bisa melakukan penataan serta peremajaan terhadap kabel-kabel listrik yang kondisinya sudah tidak layak.

“tidak sedikit kabel PLN di sejumlah titik di Kota Palangka Raya banyaknya yang berusia tua, bahkan sudah terlihat tidak tertata lagi alias semrawut. Kabel-kabel tersebut seharusnya sudah diganti dengan yang baru, serta penataan instalasi kabel haruslah diperhatikan kembali. Karena bisa saja mengakibatkan arus atau pasokan listrik terganggu akibat kondisi jaringan melalui kabel yang sudah selayaknya diganti,” jelas Sigit.

Baca Juga :  Ketua Dewan Kota Dukung Panwaslu Tertibkan APK Tak Wajar

Dalam hal ini Sigit mendorong pemerintah kota bersama dengan pihak terkait untuk mulai melakukan peremajaan kabel listrik. Pada sejumlah wilayah di kota Palangka Raya, misalnya pada kawasan pasar tradisional, komplek perkantoran dan kawasan padat penduduk.

Baca Juga :  Dewan Dorong Pemkot Segera Buat Perda Penggunaan Plastik

“Kita berharap hal ini perlu diperhatikan oleh pihak PLN, dan juga sebagai bentuk antisipasi dini kebakaran. Apalagi saat ini kontruksi bangunan sudah menggunakan rangka baja, maka kerawanan terjadinya arus pendek atau tersetrum juga meningkat,” ujarnya.

Sigit juga mengingatkan agar masyarakat selaku pengguna listrik PLN juga harus ikut ambil bagian, terutama dalam menjaga penataan instalasi listrik dengan baik dan tertib. Sertaa menggunakan listrik dengan bijak, tidak membiasakan diri menggunakan listrik paralel dan menggunakan stop kontak yang bertumpuk-tumpuk karena mudah memicu hubungan arus pendek. (via)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Dorong Peningkatan Pembangunan Sektor Wisata

DPRD Kota

Anak Harus Diajarkan Empati Sejak Dini

DPRD Kota

Dewan Apresiasi Konsistensi Pemkot Palangka Raya Dalam Melanjutkan Pembangunan

DPRD Kota

DPRD Palangka Raya Terima Kunjungan Kerja DPRD Kotabaru

DPRD Kota

Masyarakat Diimbau Waspada Luapan Air Sungai Kahayan

DPRD Kota

Pemberlakuan Sanksi Pelanggaran Protokol Kesehatan Dinilai Sudah Tepat

DPRD Kota

Dewan Sarankan Prioritas Pembangunan di Kawasan Mendesak

DPRD Kota

Pemko Diminta Cari Solusi Bagi Honorer
error: Content is protected !!