Home / Pemprov Kalteng

Selasa, 21 April 2020 - 15:37 WIB

Pemprov Dukung Daerah Zona Merah Terapkan Karantina Wilayah

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, pada saat Rapat Koordinasi Perkembangan Covid 19 melalui video conference bersama Seluruh Bupati dan Walikota se-Kalteng, Selasa(21/4/2020). Foto : Ra

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, pada saat Rapat Koordinasi Perkembangan Covid 19 melalui video conference bersama Seluruh Bupati dan Walikota se-Kalteng, Selasa(21/4/2020). Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dengan semakin meningkatnya jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, membuat sejumlah kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang masuk dalam zona merah, akan mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Upaya tersebut mendapat dukungan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Namun menurutnya, dalam pengajuan PSBB perlu pertimbangan yang matang. Seperti dampak sosial serta dampak ekonomi bagi masyarakat yang diberlakukan PSBB.

Untuk itu, pihaknya menyarankan jika pemerintah Kabupaten dan Kota se-Kalteng agar dapat melakukan karantina wilayah yang hanya terdapat pasien positif Covid-19. Dirinya mencontohkan, seperti di Kota Palangka Raya, jika terdapat pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di salah satu RT di Kota Palangka Raya, maka pemerintah setempat dapat mengisolasi masyarakat di sekitar RT tersebut, dengan meminta bantuan dari aparat Kepolisian dan TNI.

“Jika di salah satu RT tersebut terdapat pasien yang positif. Daerah tersebut bisa kita isolasi selama 14 hari. Kemudian, koordinasikan bersama dengan TNI dan Polri. Karena mereka itu sebagai wakil Gugus Tugas provinsi, Kabupaten dan Kota,” kata Sugianto Sabran pada saat Rapat Koordinasi Perkembangan Covid 19 melalui video conference bersama Bupati dan Walikota se-Kalteng, Selasa(21/4/2020).

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Gelar Rakor Damang dan DAD se-Kalteng

Lebih lanjut Sugianto menegaskan, jika ada Kabupaten atau Kota yang ingin melakukan karantina wilayah, pemerintah provinsi siap membantu menangani dampak sosial dari kebijakan tersebut.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Pimpin Rakor Karhutla dan Inflasi Daerah

“Untuk penanganan dampak sosialnya, nanti pemerintah provinsi akan membantu. Karena pemerintah provinsi telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 230 miliar untuk dampak sosial Pandemi Covid-19. Yang terpenting selama masa isolasi, masyarakat di wilayah tersebut tidak ada yang keluar rumah,” ucapnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur Sampaikan 5 Program Prioritas Kesehatan

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Apresiasi Eksistensi TP-PKK Provinsi Kalteng

Pemprov Kalteng

Ratusan Kafilah Meriahkan Pawai Ta’aruf STQ XXII Kalteng

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Bahas Anggaran Tim Saber Pungli

Pemprov Kalteng

TPID Kalteng Sebar 1500 Paket Sembako di Kotim

Pemprov Kalteng

Peduli, Gubernur Berikan Bantuan Korban Kebakaran Desa Pundu

Metro Palangka Raya

RSUD Doris Siapkan Sapras untuk Pasien Hepatitis Akut

Pemprov Kalteng

Pj Bupati dan Wali Kota se-Kalteng Ikuti Best Practice Penyusunan LPJ