Home / Kobar / Pemkab Kobar

Sabtu, 18 April 2020 - 14:27 WIB

Awas! Tiga Orang Positif Corona di Kobar Ternyata Orang Tanpa Gejala

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com  – Kementerian Kesehatan mengumumkan kategori kelompok baru terkait Covid-19, yakni orang tanpa gejala (OTG). Bahkan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sudah terdapat 3 orang positif Covid-19 yang diketahui OTG.

“Kategori kelompok baru itu tertulis dalam dokumen resmi pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 revisi ke-4, yang dirilis Kementerian Kesehatan pada 27 Maret 2020, lalu kategori OTG melengkapi dua kategori kelompok awal terkait Covid-19, yakni orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP),” ungkap Direktur RSUD Sultan Imanuddin, dr Fachrudin, Sabtu (18/4/2020).

Baca Juga :  14 Unit Kendaraan Pretelan Terjaring Razia Polisi

Fachrudin menjelaskan, OTG merupakan mereka yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Di sisi lain, OTG memiliki riwayat kontak erat, baik kontak fisik, berada dalam ruangan atau berkunjung dengan radius 1 meter, dengan kasus konfirmasi Covid-19.

Saat ditanya apa bedanya OTG dengan ODP, Fachrudin menjelaskan, kuncinya ada pada gejala, sesuai definisi operasional PDP, ODP, OTG, dan kasus konfirmasi Covid-19.

“Sementara OTG merupakan mereka yang tak menunjukkan gejala saat pemeriksaan awal, ODP merupakan orang yang mengalami atau punya riwayat demam di atas 38 derajat celcius,” terang Fachrudin.

Baca Juga :  Anak Mendawai Wakili Kalteng di Miss Earth Jakarta

Selain demam, seseorang juga bisa berstatus ODP jika mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek, sakit tenggorokan, dan batuk.

Sebagai informasi, pandemi Covid-19 masih terus meluas di seluruh dunia, termasuk Indonesia khususnya di Kobar. Hingga saat ini di Kobar terjadi penambahan pasien positif menjadi 11 orang  dari awalnya 8 orang.  (yus)

Share :

Baca Juga

Kobar

Polisi Bongkar Modus Pencurian Manfaatkan Anak-anak

Pemkab Kobar

Bupati Harapkan Festival Merah Putih Perkuat Kebersamaan

Kobar

Kebut Interkoneksi, PLN Pangkalan Bun Berharap Dukungan Masyarakat

Kobar

TMMD Kodim 1014 Pangkalan Bun Diarahkan Pada Peningkatan Infrastruktur

Kobar

RSUD Imanuddin Berharap BPJS Kesehatan Gencar Sosialisasi Prosedur Berobat

Kobar

Bulan Ini Gubernur Kalteng Melamar Yulistra Ivo

Kobar

Nyambi Jualan Sabu, Juru Parkir Diringkus Polisi

Kobar

Toko Sembako dan Salon Kecantikan di Pangkalan Bun Berkobar
error: Content is protected !!