Home / Kobar / Pemkab Kobar

Sabtu, 18 April 2020 - 14:27 WIB

Awas! Tiga Orang Positif Corona di Kobar Ternyata Orang Tanpa Gejala

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com  – Kementerian Kesehatan mengumumkan kategori kelompok baru terkait Covid-19, yakni orang tanpa gejala (OTG). Bahkan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sudah terdapat 3 orang positif Covid-19 yang diketahui OTG.

“Kategori kelompok baru itu tertulis dalam dokumen resmi pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 revisi ke-4, yang dirilis Kementerian Kesehatan pada 27 Maret 2020, lalu kategori OTG melengkapi dua kategori kelompok awal terkait Covid-19, yakni orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP),” ungkap Direktur RSUD Sultan Imanuddin, dr Fachrudin, Sabtu (18/4/2020).

Baca Juga :  Polres Kobar Bidik Pelaku Balap liar 

Fachrudin menjelaskan, OTG merupakan mereka yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Di sisi lain, OTG memiliki riwayat kontak erat, baik kontak fisik, berada dalam ruangan atau berkunjung dengan radius 1 meter, dengan kasus konfirmasi Covid-19.

Saat ditanya apa bedanya OTG dengan ODP, Fachrudin menjelaskan, kuncinya ada pada gejala, sesuai definisi operasional PDP, ODP, OTG, dan kasus konfirmasi Covid-19.

“Sementara OTG merupakan mereka yang tak menunjukkan gejala saat pemeriksaan awal, ODP merupakan orang yang mengalami atau punya riwayat demam di atas 38 derajat celcius,” terang Fachrudin.

Baca Juga :  Pemkab Musnahkan Ratusan Botol Miras

Selain demam, seseorang juga bisa berstatus ODP jika mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek, sakit tenggorokan, dan batuk.

Sebagai informasi, pandemi Covid-19 masih terus meluas di seluruh dunia, termasuk Indonesia khususnya di Kobar. Hingga saat ini di Kobar terjadi penambahan pasien positif menjadi 11 orang  dari awalnya 8 orang.  (yus)

Share :

Baca Juga

Kobar

DPRD Kobar Gelar Paripurna Istimewa Dengarkan Pidato Kenegaraan

Kobar

Modus Pura-pura Membeli, Calon Pembeli Bawa Kabur Motor Sport

Kobar

Tahun Depan BNNK Kobar Bentuk Desa Bersih Narkoba

Pemkab Kobar

Bupati Minta Pengawasan Kendaraan Beban Berat Diperketat

Pemkab Kobar

Bupati Pantau Pelaksanaan UNBK Hari Kedua

Kobar

Kejari Kobar Hentikan Penuntutan Penadah Ponsel

Kobar

Kepergok Mencuri, Buruh Sawit Ditangkap Polisi 

Pemkab Kobar

Kafilah Kobar Diminta Tampil Maksimal di MTQH