Home / Kotim

Jumat, 17 April 2020 - 15:35 WIB

Bawa Kabur Truk Over Kredit, Pelaku Penipuan Ditangkap Polisi 

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Seorang pria berinisial SO (37) warga Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotim digelandang ke Mapolres Kotim Jumat (17/4/2020).

Ia ditangkap karena melakukan penipuan dan penggelapan truk dum dengan modus menggantikan truk over kredit milik korban bernama M Ali Mansyah.

“Modus pelaku ini dengan cara menggelabui korban, yakni menjanjikan akan mengantikan kredit satu unit truk dump dengan bersedia membayar uang senilai Rp 75 juta. Setelah truk tersebut diserahkan korban, pelaku membawa truk tersebut ke pulau Jawa dan tidak membayar uang pengganti serta angsurannya,” ungkap Kasatreskrim Polres Kotim AKP Zaldy Kurniawan, Jum’at(17/4).

Baca Juga :  Satgas TMMD Tuntaskan Perbaikan Jembatan Babirah

Zaldy menjelaskan, kasus ini terungkap berawal dari laporan korban yakni M Ali Mansyah (46). Saat itu, dump truk korban hendak dibeli oleh pelaku dengan berjanji mengganti uang muka Rp 75 juta dan membayar sisa angsurannya.

“Pelaku mengaku akan membayar uang muka pada tanggal 26 Februari Tahun 2020 dihadapan pihak pembiayaan. Namun, sampai memasuki bulan April, belum ada pembayar oleh pelaku,” ujarnya.

Baca Juga :  TMMD Reguler ke-109 Wujudkan Mimpi Warga Pulau Hanaut

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian Rp 157 juta lebih dan melaporkan kejadian ke Mapolres Kotim. Tak perlu menunggu lama, pelaku berhasil diamankan.

“Saat pelaku telah diinterogasi. Sementara truk yang dibeli saat ini sedang berada di pulau Jawa. Jadi, selain menipu, pelaku ini juga telah melakukan penggelapan dengan modus over kredit,” bebernya.

Atas perbuatannya ini pelaku dijerat  Pasal 372 dan atau Pasal 378 dengan ancaman 4 tahun penjara. (Ry)

Share :

Baca Juga

Kotim

Dipicu Dendam Lama Penyebab Penyerangan Berujung Pembacokan di Baamang

Kotim

Lima Komplotan Pencuri Sarang Burung Walet Diringkus Polisi

Kotim

Meriahkan TMMD ke -109, Kodim 1015/Sampit Gelar Lomba Catur

Kotim

Dalam Sepekan, Polres Kotim Bekuk 8 Pengedar Sabu

Kotim

Tiga Komplotan Pencuri Puluhan Ponsel Dibekuk Polisi

Kotim

Ajari Buat Salad Buah, Ibu Persit Ingin Warga Konsumsi Makanan yang Sehat 

Kotim

Program TMMD Dinilai Sangat Membantu Masyarakat

Kotim

Pembacok Pedagang Buah Dibekuk Polisi
error: Content is protected !!