Home / Kotim

Jumat, 17 April 2020 - 15:35 WIB

Bawa Kabur Truk Over Kredit, Pelaku Penipuan Ditangkap Polisi 

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Seorang pria berinisial SO (37) warga Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotim digelandang ke Mapolres Kotim Jumat (17/4/2020).

Ia ditangkap karena melakukan penipuan dan penggelapan truk dum dengan modus menggantikan truk over kredit milik korban bernama M Ali Mansyah.

“Modus pelaku ini dengan cara menggelabui korban, yakni menjanjikan akan mengantikan kredit satu unit truk dump dengan bersedia membayar uang senilai Rp 75 juta. Setelah truk tersebut diserahkan korban, pelaku membawa truk tersebut ke pulau Jawa dan tidak membayar uang pengganti serta angsurannya,” ungkap Kasatreskrim Polres Kotim AKP Zaldy Kurniawan, Jum’at(17/4).

Zaldy menjelaskan, kasus ini terungkap berawal dari laporan korban yakni M Ali Mansyah (46). Saat itu, dump truk korban hendak dibeli oleh pelaku dengan berjanji mengganti uang muka Rp 75 juta dan membayar sisa angsurannya.

Baca Juga :  Sempat Melarikan Diri, Operator Crane Maut Ditangkap Polisi

“Pelaku mengaku akan membayar uang muka pada tanggal 26 Februari Tahun 2020 dihadapan pihak pembiayaan. Namun, sampai memasuki bulan April, belum ada pembayar oleh pelaku,” ujarnya.

Baca Juga :  Laka Maut di Jalan Sudirman Tewaskan Bapak dan Anak

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian Rp 157 juta lebih dan melaporkan kejadian ke Mapolres Kotim. Tak perlu menunggu lama, pelaku berhasil diamankan.

“Saat pelaku telah diinterogasi. Sementara truk yang dibeli saat ini sedang berada di pulau Jawa. Jadi, selain menipu, pelaku ini juga telah melakukan penggelapan dengan modus over kredit,” bebernya.

Atas perbuatannya ini pelaku dijerat  Pasal 372 dan atau Pasal 378 dengan ancaman 4 tahun penjara. (Ry)

Share :

Baca Juga

Kotim

Mayat Wanita Mengapung Ternyata ASN RSUD dr Murjani

Kotim

Miris, Ayah Kandung Tega Jual Anak Gadisnya

Kotim

Miris, Bayi Perempuan Dibuang di Semak

Kotim

Ini Dampak Ekonomi Dirasakan Warga Ketika Program TMMD Tuntas

Kotim

Geger..Mengamuk di Pemukiman Warga, Seekor Sapi Dibantai Beramai-Ramai

Kotim

Dua Penjual Miras Diringkus Polisi

Kotim

Jika Pembangunan Jembatan Selesai, Warga Yakin Aktivitas Perekonomian Semakin Lancar

Kotim

Pohon Tumbang di Kotim, Nyaris Menelan Korban Jiwa