Home / Kotim

Jumat, 17 April 2020 - 15:35 WIB

Bawa Kabur Truk Over Kredit, Pelaku Penipuan Ditangkap Polisi 

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Seorang pria berinisial SO (37) warga Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotim digelandang ke Mapolres Kotim Jumat (17/4/2020).

Ia ditangkap karena melakukan penipuan dan penggelapan truk dum dengan modus menggantikan truk over kredit milik korban bernama M Ali Mansyah.

“Modus pelaku ini dengan cara menggelabui korban, yakni menjanjikan akan mengantikan kredit satu unit truk dump dengan bersedia membayar uang senilai Rp 75 juta. Setelah truk tersebut diserahkan korban, pelaku membawa truk tersebut ke pulau Jawa dan tidak membayar uang pengganti serta angsurannya,” ungkap Kasatreskrim Polres Kotim AKP Zaldy Kurniawan, Jum’at(17/4).

Baca Juga :  Lahir dari Masyarakat, Jadi Eratkan Hubungan TNI dan Rakyat

Zaldy menjelaskan, kasus ini terungkap berawal dari laporan korban yakni M Ali Mansyah (46). Saat itu, dump truk korban hendak dibeli oleh pelaku dengan berjanji mengganti uang muka Rp 75 juta dan membayar sisa angsurannya.

“Pelaku mengaku akan membayar uang muka pada tanggal 26 Februari Tahun 2020 dihadapan pihak pembiayaan. Namun, sampai memasuki bulan April, belum ada pembayar oleh pelaku,” ujarnya.

Baca Juga :  Karang Taruna Pulau Hanaut Dukung TMMD Berkelanjutan

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian Rp 157 juta lebih dan melaporkan kejadian ke Mapolres Kotim. Tak perlu menunggu lama, pelaku berhasil diamankan.

“Saat pelaku telah diinterogasi. Sementara truk yang dibeli saat ini sedang berada di pulau Jawa. Jadi, selain menipu, pelaku ini juga telah melakukan penggelapan dengan modus over kredit,” bebernya.

Atas perbuatannya ini pelaku dijerat  Pasal 372 dan atau Pasal 378 dengan ancaman 4 tahun penjara. (Ry)

Share :

Baca Juga

Kotim

Takut di Bongkar Paksa, Warga Ujung Pandaran Bongkar Sendiri Rumahnya

Kotim

Curi Uang Kotak Amal dan Motor, Pemuda Pundu Diringkus Polisi

Kotim

Kerusakan Jalan HM Arsyad Sampit Semakin Parah

Kotim

LKJ Kodim 1015 Sampit Gandeng PWI Kotim

Kotim

Permintaan Aparatur Sebelas Desa Ini Ditolak Disdukcapil Kotim

Kotim

Masyarakat Kotim Diimbau Jangan Membakar Lahan

Kotim

Hadiri Undangan Warga, Satgas TMMD Ikut Doa Bersama

Kotim

Pengedar Sabu Pal 12 Dibekuk Polisi