Home / DPRD Kota

Minggu, 29 Maret 2020 - 19:57 WIB

Dewan Dorong Pengawasan Mamin Ditingkatkan

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Khemal Nasery.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Khemal Nasery.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, H M Khemal Nasery meminta Pemerintah Kota (Pemko) untuk mengawasi distribusi makanan dan minuman (mamin) di Kota Cantik.

Mengingat beberapa kasus keracunan yang pernah terjadi baik diwilayah Kota Palangka Raya ataupun daerah lainnya.  Maka dari itu ia menilai kewaspadaan dan upaya pencegahan harus dilakukan sedini mungkin.

Dalam hal ini menurutnya, Pemko Palangka Raya harus pro aktif turun ke lapangan melakukan pengawasan, pengecekan dan penindakan terhadap bahan makanan dan minuman berbahaya yang ada di pasaran secara berkala.

Baca Juga :  Disdik Kota Diminta Perketat Pengawasan Pungli

“Jangan sampai ada kejadian dulu, baru kita bergerak. Pencegahan merupakan cara paling optimal dalam mencegah kerugian bagi kita,”jelas Khemal.

Selai itu lanjut dia, pemerintah kota melalui pihak terkait, seperti halnya Dinas Perdaganangan, Dinas Kesehatan, BPOM maupun TNI/Polri bisa membentuk tim satuan tugas (Satgas) pencegahan penyebaran bahan makanan berbahaya.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen. Ia menambahkan terjadinya kasus keracunan makanan secara masal lebih kepada kurangnya pengawasan terhadap makanan yang beredar di masyarakat.

Baca Juga :  Atasi Banjir, Pemko Diminta Maksimalkan Pembangunan Drainase

Di pasaran masih saja dapat ditemui bahan makanan yang mengandung zat berbahaya seperti pemanis dan pewarna buatan serta mengandung zat pengawet yang tidak diperuntukkkan bagi makanan. Selain itu produk makanan tanpa izin edar pun masih ditemui, hal ini tentunya akan merugikan masyarakat.

“Saya juga mengimbau kepada pengusaha yang bergerak dibidang kuliner maupun retail bahan makanan untuk bersikap jujur terhadap bahan makanan yang diperdagangkan serta tak mencari keuntungan bagi diri sendiri namun berdampak negatif bagi orang lain,” pungkasnya. (via)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Kota Dorong UMKM Berdayakan Kaum Disabelitas

DPRD Kota

Dewan Dukung Pemusatan Layanan Publik Satu Wilayah

DPRD Kota

Dewan Minta Pengusaha Hotel Kelola Limbahnya

DPRD Kota

Dewan Apresiasi Inovasi Pelayanan Disdukcapil

DPRD Kota

Dewan Kota Dorong Pemko Tata Birokrasi

DPRD Kota

Event Pameran Diharapkan Jadi Wadah Promosi Produk Lokal

DPRD Kota

Dewan Apresiasi Kinerja Disdukcapil 

DPRD Kota

Dewan Kota Dukung Relokasi Perumahan Sekitar Pasuk Kameloh
error: Content is protected !!