Antisipasi DBD, Satgas TMMD Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Usai dibuka secara resmi oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah, giat TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 105 Kodim 1014 Pangkalan Bun di Kelurahan Pangkut Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kobar, mulai dilakukan dengan membersihkan lingkungan warga setempat.

Komandan Kodim  (Dandim) 1014 Pangkalan Bun Letkol Inf M Roni Sulaeman mengatakan, puluhan prajurit TNI dari Kodim 1014/Pbn dikerahkan bersama masyarakat dan tokoh masyarakat untuk mulai menjalankan program dan misi sosialnya dengan membersihkan lingkungan di sekitar rumah warga Kelurahan Pangkut.

“Anggota kami bersama warga gotong royong membersihkan lingkungan untuk mencegah penyakit DBD. Karena dengan TMMD ini, TNI langsung turun di tengan masyarakat untuk menjalankan misi sosial,” ujar Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Inf M Roni Sulaeman kepada Kalteng ekspres, Jumat 12/7/2019.

Menurutnya, TMMD ini sudah dilaksanakan sejak 1980, sebagai bentuk keterpanggilan dan partisipasi TNI dalam mendukung percepatan pembangunan nasional sampai ke seluruh wilayah NKRI. “Khusunya TMMD diarahkan pada daerah terpencil yang membutuhkanya,” ujar Dandim. (yus)