Pemkab Kobar Gagas Penerapan Konsep Smart City

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar rapat koordinasi terkait penataan estetika kota untuk menerapkan konsep Smart City di Kota Pangkalan Bun. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati ini dipimpin lagsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Kobar serta diikuti beberapa instansi terkait, Kamis (13/6/2019).

Bupati mengatakan, bahwa saat ini ada hal-hal penting untuk diperhatikan dalam menyusun konsep pembangunan menyangkut kepantasan dan meningkatkan nilai tambah dari fasilitas publik.

“Semboyan kota manis Pangkalan Bun harus diselaraskan dengan tata kota yang layak dan indah, ini juga sejalan dengan visi pemerintahan yang menitikberatkan pada sektor pariwisata,” kata Nurhidayah.

Menurut Nurhidayah, nilai estetika Kota Pangkalan Bun menjadi hal yang di perlukan, dimana setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diharuskan untuk berkreasi dan berkolaborasi dalam setiap spot bangunan yang akan dibangun, serta menjadikan kerja efektif dari tiap SKPD sehingga penghematan anggaran lebih opimal.

“Untuk memperindah kota Pangkalan Bun, kita harus merencanakan mempercantik taman di tengah jalan dan beberapa jembatan dalam kota serta penerangan di kawasan stategis,”ujarnya.

Kemudian lanjut dia, secara perlahan konsep pembangunan juga akan diselaraskan menuju konsep kota pintar (smart city). Lantaran pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam setiap pembangunan akan menciptakan suasana nyaman dan berkesan bagi masyarakat itu sendiri.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt.) Dinas Pekerjaan Umum (PU)  Juni Gultom mengatakan, ada beberapa poin penting yang menjadi target pekerjaan ke depan, diantaranya ialah infrastruktur publik seperti trotoar, pembaruan model pembatas jalan, jembatan, drainase, taman terbuka untuk publik.

“Pada kesempatan ini saya mengharapkan partisipasi masyarakat Kobar untuk terus bersama sama dalam menjaga fasilitas umum, berpartisipasi dalam kebersihan lingkungan, tertib peraturan. Hal ini demi terwujudnya kesan bahwa Kota Manis Pangkalan Bun ramah, bersih dan aman,”tandasnya. (yus)