Bupati Minta SOPD Terkait Pantau Harga Sembako

Warga Puruk Cahu saat berbelanja di pasar ketika diambil poto belum lama ini.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura) Drs Perdie MA meminta jajaran Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait untuk memantau harga sembilan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Mura, menjelang bulan ramadan.  Pasalnya, menjelang ramadan biasanya masyarakat dihadapkan dengan fenomena kenaikan harga sembako di pasaran.

Tidak hanya SOPD,  unsur kecamatan juga diimbau turut memantau harga kebutuhan pokok di daerahnya masing-masing. Karena biasanya, ada oknum oknum pedagang yang mengambil kesempatan menaikan harga tidak wajar ketika permintaan masyarakat tinggi, sehingga melalui pemantauan dan pengawasan kenaikan harga bisa tetap terkendali.

“ Kenaikan harga sembako jelang ramadan dan lebaran atau peringatan Hari Besar Keagamaan secara umum memang menjadi fenomena pasar yang selalu terjadi. Ini tentu hal sulit untuk dihindari. Namun sangat disayangkan apabila kenaikan terjadi tidak beralasan dan tidak wajar sehingga harus dilakukan pengawasan,” kata Perdie, Jumat (26/7).

Perdie menegaskan, kepada para pedagang untuk tetap berlaku profesional, jangan memanfaatkan kondisi seperti saat ini untuk meraup keuntungan berlebihan sehingga memberatkan masyarakat.

Termasuk sengaja menimbun barang dagangan agar langkah di pasaran sehingga harganya naik, itu tentu melanggar aturan, dan pihak Disperindagkop diminta untuk menindak tegas apabila ada ditemukan hal semacam itu sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. (to)