Wali Kota Canangkan Kebun Buah Jadi Kawasan Agrowisata

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wali Kota Palangka Raya Fairid Nafarin mencanangkan kawasan perkebunan buah dijadikan sebagai salah satu tempat agrowisata Kota Palangka Raya. Hal ini disampaikannya, saat mengikuti panen perdana perkebunan buah milik Slamet yang terletak di Jalan Manduhara Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Selasa (12/2/2019).

Fairid mengatakan,program pengembangan agrowisata perkebunan buah ini patut dicanangkan karena memiliki potensi wisata, salah satunya seperti kebun milik Slamet ini.

“Setelah kita melihat perkebunan buah ini, kemudian berdiskusi dengan pemiliknya. Ternyata ada potensi objek wisata bidang perkebunan buah, yakni potensi agrowisata. Untuk infrastruktur jalan seperti yang dikeluhkan petani, akan kita akomodir dan tindaklanjuti,” ungkap Fairid kepada awak media Selasa (12/2).

Pada kesempatan itu berharap agar para petani buah di wilayah Kota Palangka Raya, selalu semangat dan tidak pantang menyerah dalam mengelola lahan perkebunannya. Sehingga ke depan bisa menghasilkan banyak manfaat, kemudian mampu meningkatkan ekonominya.

Sementara itu menurut Slamet, luas lahan perkebunan yang dikelolanya sendiri bersama keluarga tersebut seluas 3 hektar (ha). Buah yang berhasil di penennya seperti, buah jambu, pepaya, lengkeng dan lain sebagainya.

“Memang tidak ada kendala yang dihadapi, hanya saja saya berharap kepada wali kota agar bisa memperbaiki akses jalan, karena saat turun hujan selalu banjir,” harapnya.

Ia juga mengharapkan agar wilayah perkebunannya tersebut segera dijadikan tempat agrowisata sehingga mampu menarik minat warga Kota Palangka Raya untuk mengunjunginya. (hen)