Ratusan Warga Ikuti KIE Obat dan Makanan

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com– Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerjasama dengan DPR RI Komisi IX menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan makanan, di Aula Kantor DPRD Kobar, Selasa (26/2).

Kepala BPOM Palangka Raya Dra Trikoranti Mustikawati didampingi Kepala BPOM Kabupaten Kobar Kodon Tarigan mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka mewujudkan gerakan nasional peduli obat dan pangan aman. Pada kegiatan ini melibatkan salah satu narasumberya dari BNN dan anggota Komisi IX DPR RI.

“BNN sengaja kita libatkan agar peserta paham bagaimana bahaya dari penyalahgunaan nafza itu sendiri,” ucap Trikoranti.

Trikoranti menjelaskan, terkait obat dan pangan yang aman agar peserta bisa mengetahui betapa bahayanya penggunaan obat dan makanan yang ilegal karena kandungan di dalamnya akan mengganggu kesehatan bagi pengguna.

“Kami sangat bersyukur karena masyarakat tingkat kesadarannya terus meningkat hal itu dibuktikan hasil uji sampling yang kita lakukan, misalnya saja di kantin sekolah maupun pasar, semua hasilnya bagus hal itu menandakan bahwa masyarakat semakin peduli,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IX dari Dapil Kalimantan Tengah Hang Ali Saputra Syah Pahan mengatakan, bahwa gerakan nasional peduli obat dan pangan aman sangat tepat melibatkan masyarakat, agar masyarakat bisa memahami karena masyarakat ini yang selalu menjadi korban atas ketidaktahuannya. (aro)