Ketersediaan Stok Ayam Potong Kobar Aman

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com –  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kabupaten Kobar menyebut, ketersediaan stok ayam potong di Kabupaten Kobar menjelang natal dan tahun baru ini, aman.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Dinas PKH Kobar Ida Pandanwangi kepada Kalteng Ekspres.com seusai menghadiri rapat evaluasi dengan para pedagang ayam potong, Senin (16/12).

Ia mengatakan, rapat tersebut untuk mengendalikan harga komoditas ayam sekaligus menggali informasi tentang ketersediaan ternak ayam potong di Kobar. Sehingga ke depan pihaknya bisa menjalin kemitraan yang saling menguntungkan antara poultry shop dengan peternak.

Selain itu, untuk menghasilkan ayam potong yang berkualitas pihaknya mendorong dilakukannya upaya pemilihan Day Old Chicken (DOC) dan pakan ternak yang berkualitas. Melalui budidaya ternak yang baik dan menjaga agar ternak tetap sehat, sehingga harga jual bisa sesuai rencana.

“Intinya kita ingin menjaga stabilitas harga, perlu kestabilan persediaan produk dan distribusi yang efisien. Dari hasil rapat tadi, stok ayam potong berdasarkan DOC yang masuk di Kobar masih stabil,”ucapnya.

Sementara itu Mujianto, salah seorang pengusaha ternak di Kobar juga mengatakan, untuk mendapatkan data yang konkret perlu adanya laporan stok yang berasal dari poultry shop.

“Tinggi rendahnya harga dipengaruhi oleh stok dan permintaan konsumen, serta dipengaruhi juga oleh ketersediaan dan harga ayam potong di wilayah kabupaten tetangga seperti Sampit, Palangka Raya, Banjarmasin dan Pontianak,” ujarnya. (aro)