Home / Metro Palangka Raya

Kamis, 20 Desember 2018 - 18:53 WIB

Gubernur Dukung PLN Perkuat Infrastruktur Listrik Kalteng

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com -Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran menegaskan siap mendukung PLN memperkuat infrastruktur kelistrikan di Provinsi Kalteng. Hal tersebut diutarakan Sugianto saat menerima kunjungan kerja General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalteng (Kalselteng) Sudirman di Palangka Raya, Rabu (19/12).

Sudirman mengatakan, kondisi listrik di Kalteng saat ini sudah aman dari tantangan yang dihadapi, dan progres terkait pembangunan infrastruktur kelistrikan di Provinsi Kalteng terus berjalan. Itu dibuktikan, dengan diresmikannya Gardu Induk Pangkalan Bun 150 Kilo Volt (KV) bulan lalu. Saat ini PLN terus menggenjot perkembangan pembangunan infrastruktur kelistrikan di Kalteng baik pembangkit, maupun gardu induknya.

“PLN terus meningkatkan pembangunan infrastruktur kelistrikan. Untuk menambah pasokan listrik khususnya di Kalteng, saat ini sedang dibangun PLTU Kalteng 1 yang rencananya akan beroperasi Juni 2019,” ujar Sudirman.

Selain pembangkit lanjut Sudirman, saat ini PLN juga tengah membangun jalur transmisi dari PLTMG Bangkanai melalui GI Muara Teweh ke Puruk Cahu hingga ke Kuala Kurun. Jalur transmisi tersebut nantinya akan memperkuat sistem kelistrikan di Kalselteng.

Baca Juga :  Gerebek Arena Judi Dadu Gurak, Petugas Bakar Lapak Judi

Sementara itu, selain rencana dan progres pembangunan infrastruktur kelistrikan di Kalteng, Sudirman juga mengungkapkan terkait kesiapan pasokan listrik untuk perayaan natal dan tahun baru.

Ia menekankan, bahwa suplai daya saat perayaan natal dan tahun baru tercukupi. Terlebih lagi, sistem kelistrikan di Kalselteng sudah terinterkoneksi dengan sistem kelistrikan di Kalimantan Timur.

“Berdasarkan neraca daya sistem interkoneksi Kalselteng dan Kaltim saat ini, PLN memperkirakan beban puncak saat perayaan natal dan tahun baru sebesar 1.085 Mega Watt (MW), sedangkan daya mampu yang tersedia sebesar 1.414 MW. Jadi ada surplus 300 MW. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir,”paparnya.

Terkait progres pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut direspon positif oleh Gubernur Provinsi Kalteng Sugianto Sabran. Sugianto menyatakan Pemerintah Provinsi Kalteng sangat mendukung pembangunan infrastruktur kelistrikan di Kalteng.

Baca Juga :  Sikapi Keluhan Warga, Wali Kota Tinjau Jalan Manjuhan

“Kami bersama seluruh komponen pemerintahan siap membantu agar pembangunan insfrastruktur kelistrikan di Kalimantan Tengah berjalan dengan lancar dan segera dapat diselesaikan. Kami sadar bahwa semakin baik infrastruktur kelistrikan dan pasokan listrik, maka akan semakin mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah,” ungkap Sugianto.

Sugianto juga menginginkan adanya kerja sama antara PLN dengan mitra kerja dalam hal pembangkitan, serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kalteng dalam penyediaan pengelolaan sumber daya untuk pembangkit, khususnya PLTU. Ia berharap adanya kerja sama tersebut dapat meningkatkan pendapatan daerah dan pembangunan di Kalteng.

“Selanjutnya saya harapkan PLN dapat segera berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) agar secepatnya dapat dibentuk Tim Terpadu antar instansi dalam rangka pengembangan infrastruktur kelistrikan di Kalteng,” ucap Sugianto. (aro)

Share :

Baca Juga

Hukum Kriminal

Lagi, Ditsamapta Polda Kalteng Gerebek Lokasi Perjudian

Metro Palangka Raya

PKC PMII Kalteng Sampaikan 3 Tuntutan 

DPRD Kota

Dewan Harap Ketersediaan Bahan Pokok Tetap Aman

Metro Palangka Raya

Mahasiswa STAKN Palangka Raya Abdikan Diri Untuk Masyarakat Barsel

Metro Palangka Raya

BNNP Kalteng Sebut 2 Kg Sabu Nyaris Beredar di Kotim

Metro Palangka Raya

Rektor Buka Turnamen Pekan Olahraga Mahasiswa UPR CUP 2019

Metro Palangka Raya

Penjaringan Job Fair Diprioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Metro Palangka Raya

Dipicu Api Lilin, Tiga Rumah Warga Terbakar
error: Content is protected !!